SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Rabu, 29 Maret 2017
BS logo

Tersangka Pembunuh King Jong-nam Ditangkap
C-5 | Kamis, 16 Februari 2017 | 12:26

Pemimpin Korut Kim Jong-un (kiri) dan Kim Jong-nam [AP] Pemimpin Korut Kim Jong-un (kiri) dan Kim Jong-nam [AP]

[KUALA LUMPUR] Otoritas Malaysia menangkap seorang perempuan terkait pembunuhan saudara tiri Kim Jong-un, yaitu Kim Jong-nam. Perempuan itu ditangkap pada Rabu (15/2) di Bandara Internasional Kuala Lumpur dengan membawa dokumen perjalanan Vietnam.

Sebelumnya, komite intelijen Korea Selatan menyatakan dua perempuan Asia diduga merupakan pembunuh Kim Jong-nam. Para penyelidik saat ini masih menunggu hasil otopsi dari jenazah Kim Jong-nam.

Ketua Komite Intelijen Dewan Nasional Korsel, Lee Cheol Woo, menyatakan Kim diyakini telah diracun. Namun, Lee tidak menyebutkan bagaimana cara Kim diracun atau bagaimana Korsel memperoleh informasi tersebut.

Kematian Kim belum dipublikasikan di Korea Utara dan tampaknya tidak akan disebarkan karena sensitivitas perpolitikan di sana. Kim saat insiden terjadi, sedang menunggu pesawat menuju ke Macau untuk mengunjungi keluarganya. Dia sempat tampak saat makan malam di sebuah hotel di Macau, lebih dari seminggu lalu, menurut seorang pegawai restoran di sana.

Berdasarkan sejumlah laporan, Korut sudah mengirimkan sejumlah perwakilan ke rumah sakit, tempat proses otopsi dilakukan hari Rabu. Korut juga meminta pemulangan jenazah Kim.

Malaysia belum memastikan secara formal bahwa pria yang tewas, dengan nama perjalanan Kim Chol, adalah Kim Jong-nam. Menurut sumber, Malaysia tidak akan tunduk kepada permintaan Korut.

“Malaysia menyatakan tidak akan ditekan oleh apa pun, tetap teguh pada prosedur,” sebut seorang sumber.

Perempuan bernama Doan Thi Huang (28) telah ditahan kemarin. Polisi menyatakan penangkapan tersangka, yang tampak sendirian dan memegang paspor Vietnam, berhasil terekam dari kamera CCTV di bandara.

Berdasarkan gambar dari CCTV yang tersebar, perempuan itu memakai kaos putih bertuliskan huruf “LOL”. Sebelumnya, kantor berita Malaysia, Bernama, menyatakan seorang perempuan asal Myanmar ditahan di bandara. Tapi masih belum jelas apakah perempuan itu merujuk kepada Doan Thi atau lainnya.

Jika pria yang tewas itu dipastikan Kim Jong-nam, maka ini menjadi kematian tingkat tinggi yang terkait dengan Korut sejak paman Kim Jong-un, Chang Song-thaek, dieksekusi pada 2013. Pemerintah Korsel mengaku yakin bahwa pria yang diracun itu adalah Kim Jong-nam. [CNN/BBC/C-5]




Kirim Komentar Anda


Pasang iklan disini via B1 Ads