SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Selasa, 21 Oktober 2014
BS logo

Tiga Partai Menentukan Peta Koalisi
Kamis, 10 April 2014 | 19:36

Ikrar Nusa Bhakti [google] Ikrar Nusa Bhakti [google]

[JAKARTA] Pengamat politik dari LIPI, Ikrar Nusa Bhakti mengatakan, hanya ada tiga kekuatan politik yang menentukan peta koalisi yakni, PDI-P, Partai Golkar, dan Gerindra.

Ketiganya merupakan tiga besar pemenang pileg berdasarkan hasil hitung cepat beberapa lembaga survei, dan ketiganya sama-sama memiliki figur capres yang cukup menonjol.

"Koalisi menurut saya pada Pemilu 2014 walaupun masih ditentukan pragmatisme politis, tetapi tidak menjadi kekuatan besar. Akan ada tiga kekuatan, PDI-P dengan Jokowi, Golkar dengan ARB, dan Gerindra dengan Prabowo. Kalau ada tiga pasangan akan ramai jika dua pasangan saja tidak ramai," kata Ikrar, di Jakarta, Kamis (10/4).

Menurutnya, poros tengah tidak mungkin terjadi karena situasi partai Islam terpecah. Partai di luar tiga besar juga tidak mungkin menyatu menandingi PDI-P, Golkar, dan Gerindra.

Ikrar berpandangan, dua partai Islam seperti PKS, dan PPP berpeluang merapat ke Gerindra, sementara NasDem dan PKB berpeluang ke PDI-P. Sedangkan sisanya termasuk Partai Demokrat, PAN, serta Hanura ke Golkar.

Menurutnya, pemenang pilpres nantinya adalah partai yang mampu menerapkan strategi cerdik, bersikap hati-hati, dan  memanfaatkan media. Maka, mencari rekan koalisi harus ditentukan dari sekarang.

"Yang akan menangi pilpres adalah orang yang didukung partai dengan strategi cerdik, langkah politik yang cepat. Jangan terlambat mencari teman koalisi," katanya. [E-11/L-8]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!