SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Senin, 22 Desember 2014
BS logo

Underpass Cibubur Rampung Juli 2013
Senin, 22 April 2013 | 5:38

Ilustrasi pembangunan underpass. [Antara] Ilustrasi pembangunan underpass. [Antara]

[JAKARTA] Underpass Cibubur yang dibangun untuk mengurangi  kemacetan lalulintas khususnya Jalan Trans Yogie, Cibubur, Jakarta Timur,  akan  rampung Juli 2013.

Underpass ini  mengalihkan arus lalu lintas dari Jalan Trans Yogie menuju Jakarta tanpa melintas di Cibubur Junction.

Demikian dikatakan Wakil Menteri  PU, Hermanto Dardak, dalam acara syukuran Breaking Through Underpass Cibubur di Cibubur, Minggu (21/4).

Turut hadir dalam acara itu adalah Dirjen Bina Marga Kementerian PU, Djoko Moerjanto, Dirjen Penataan Ruang, Kemen PU, Basuki Hadimoeljono, dan Direktur Wilayah II Bina Marga, Winarno.

Menurut Hermanto, dengan adanya underpass tersebut nantinya akan mengurangi sekitar 20 persen arus lalu-lintas setelah selesai dan difungsikan Underpass Cibubur Agustus 2013.  

Dalam kesempatan yang sama, Moerjanto, menyatakan, kawasan pemukiman  dan perkantoran di wilayah Jalan Trans Yogi (Alternatif Cibubur) tumbuh sangat pesat menjadi pusat bangkitan lalulintas yang sangat besar dan perlu diimbangi dengan peningkatan infrastruktur Jalan maupun Jembatan di wilayah tersebut.

Menurutnya, underpass Cibubur ini menjadi bagian dari sistem jaringan jalan nasional yang sedang diprogramkan pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum, bersama dengan Jalan Cimanggis Nagrak, Jalan Trans Yogie dan Jalan Tol JORR II.

Pembangunan underpass Cibubur ini menggunakan Metode Jacking Box, merupakan salah satu teknologi yang baru diterapkan di Indonesia.

Box underpass didorong dengan menggunakan delapan push jack dengan kapasitas 1.000 ton/jack, box yang didorong 10 buah dengan cara bertahap.

Ukuran setiap segmen box  : panjang 9,3 meter, lebar 9,7 meter, tinggi 7,4 meter, tebal dinding dan top box 60 cm dan tebal bottom box 80 cm, berat segmen 449,83 ton, mutu beton K-500.

Sistem drainase dengan 6 Pompa Submersible dengan 2 buah Bak Penampungan.

Dikatakan, panjang konstruksi pembangunan underpass Cibubur yakni akses masuk sepanjang 221,22 m, box sepanjang 93,00 m, box extension sepanjang 24,10 m, portal sepanjang 75,68 m, akses keluar sepanjang 785,66 m.

“Total panjang pembangunan underpass Cibubur  + 1200 m  yang didanai berasal dari APBN murni dan dilaksanakan melalui tiga tahap dengan total Rp 97,5 miliar," katanya. [E-8]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!