SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Rabu, 22 Oktober 2014
BS logo

Wapres: Pengeras Suara Azan Perlu Diatur
Jumat, 27 April 2012 | 11:23

[google] [google]

[JAKARTA] Wakil Presiden Boediono minta Dewan Masjid Indonesia untuk mulai membahas tentang pengaturan penggunaan pengeras suara di masjid.

"Kita semua sangat memahami bahwa azan adalah panggilan suci bagi umat Islam untuk melaksanakan kewajiban salatnya," kata Wapres Boediono saat memberikan pengarahan sekaligus membuka Muktamar VI Dewan Masjid Indonesia (DMI) di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Jumat (27/4).

Hadir dalam acara itu Menteri Sosial Salin Segaf Al Jufri.

Menurut Wapres, apa yang dirasakan barang kali juga dirasakan oleh orang lain, yaitu bahwa suara azan yang terdengar sayup-sayup dari jauh terasa lebih merasuk ke sanubari dibanding suara yang terlalu keras, menyentak, dan terlalu dekat ke telinga.  
Menurut Wapres, Al-Quran pun mengajarkan kepada umat Islam untuk merendahkan suara, sambil merendahkan hati ketika berdoa memohon bimbingan dan petunjuk-Nya.    

Wapres dalam kesempatan itu juga menyoroti soal masalah kebersihan umat Islam. "Kita semua pernah mendengar atau membaca hadis Rasulullah SAW yang terkenal,  yang mengatakan bahwa kebersihan adalah bagian dari iman. Setiap mukmin harus menjaga kebersihan dirinya dan lingkungannya," kata Wapres.  

Dikatakan, masjid sebagai tempat suci untuk melaksanakan ibadah yang diperintahkan Allah harus menjadi contoh sebagai tempat paling bersih di antara tempat-tempat lain.

Kebersihan, terutama di tempat berwudhu, serta aroma yang sedap di lingkungan masjid akan menambah kekhusyukan umat dalam beribadah. [Ant/L-8]  




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!