SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Selasa, 23 Desember 2014
BS logo

Warga Iran Selundupkan Sabu Senilai Rp 18 Miliar
Kamis, 22 September 2011 | 9:09

Paket sabu-sabu [google] Paket sabu-sabu [google]

[TANGERANG] Seorang warga Iran menyelundupkan sabu seberat 9 kg dalam dua buah tabung oksigen berwarna kunig. Sabu yang berkukalitas baik dan ditaksir senilai Rp 18 miliar itu dikirim melalui paket kargo dan diambil oleh pelaku pada 17 September lalu.

Pelaku Rosul Sarlakian (40) akhirnya diringkus petugas Bea dan Cukai Bandara Internasional (BSH). Dia nekad melakukan pekerjaan ini karena dijanjikan upah sebesar US$ 10000.

Kepala bea Cukai Bandara Soekarno Hatta Oza Olivia mengatakan, sabu dalam bentuk kristal bening itu dikirim melalui paket kargo pada 10 September. Sedangkan Rosul yang sehari-hari bekerja sebagai maintenance peralatan diving itu tiba di Indonesia menggunakan pesawat Emirates (EK-356) rute Iran-Dubai-Jakarta, pada 17 September lalu. Selanjutnya petugas Bea dan Cukai berkoordinasi dengan BNN dilakukan pengembangan (controlled delivery).

Pelaku ditangkap di sebuah hotel yang ada di daerah Mangga Dua, Jakarta. Setelah diikuti dari kargo impor Bandara, petugas kami dan BNN mengikutinya sampai ke hotel.  “Rosul kami tangkap pada 19 September lalu. Dia melakukan pengurusan sendiri atas barang selundupannya dengan personal effect dengan dokumen kepabeanan dan telah mendapatkan pendaftaran PIBK nomor 503965,” ujarnya.

Menurut Oza, hasil pemeriksaan atas barang kiriman Rosul ditemukan kristal bening yang setelah dilakukan uji laboratorium positif metamfetamine atau Sabu-sabu. Kepada petugas, Rosul mengaku dijanjikan imbalan sebesar  US$ 10.000 setelah barang berhasil diterima di Indonesia.
  
“Dia mengaku bersedia melakukan pekerjaan itu, untuk persiapan dana pensin dari pekerjaanya. Saat ini, tersangka dan barang bukti segera kami serahkan ke BNN guna pengusutan lebih lanjut,” kata Kepala Penyidikan dan Penindakan Bea Cukai Gatot Sugeng Wibowo menambahkan. [132]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!