SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Senin, 22 Desember 2014
BS logo

Warga Sorong Rindukan Rumah Sakit Tipe B
Senin, 6 Agustus 2012 | 8:13

Peta wilayah Papua. [google] Peta wilayah Papua. [google]

[JAYAPURA] Kabupaten Sorong saat ini belum memiliki rumah sakit (RS)  yang memadai untuk melayani masyarakat Sorong dan masyarakat dari kabupaten sekitar seperti Raja Ampat, Tambrau, dan Sorong Selatan.  Untuk itu,  Rumah Sakit Tipe B di Kabupaten Sorong, sangat dibutuhkan. 

Ini terungkap   dalam pertemuan Wakil Bupati Sorong Suka Harjono yang didamping oleh Kadinkes Kabupaten Sorong dr. M. E. Hukom dengan Kepala Unit Percepatan Pembangunan papua dan Papua Barat (UP4B) Bambang Darmono di Angkasapura, Jayapura, Sabtu (4/8) siang.

“Kabupaten Sorong saat ini berupaya membangun RS dan fasilitasnya secara baik, dan memita Kepala UP4B mendukung dan akan mendorong Meteri Kesehatan untuk memfasilitasinya,” kata Juru Bicara UP4B, Amiruddin kepada SP, Senin (6/8) pagi.

Dikatakan, Kepala UP4B menyambut dengan baik upaya dari Pemerintah Kabupaten Sorong tersebut. Menurut Kepala UP4B, pembangunan RS yang memadai merupakan upaya percepatan pembangunan di sektor kesehatan dan sekaligus meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat. Apa lagi di Papua saat ini masalah penyakit menular seperti AIDS, TBC dan Malaria menjadi momok di tengah masyarakat.  

“RS yang baik juga diperlukan di Papua Barat, khususnya wilayah Sorong sekitarnya, karena masih tingginya angka kematian ibu dan anak, banyaknya kasus gizi buruk, terbatasnya pelayanan kesehatan dan tenaga kesehatan. Serta adanya keluhan masyarakat,”kata  Bambang Dharmono melalui  juru bicaranya.  

Sementara itu,  Wakil Bupati Sorong, mengatakan  Rumah Sakit  baru dibangun untuk menjawab keluhan masyarakat dan sekaligus untuk mengantisipasi berbagai tantangan kesehatan di masa datang.

Wakil Bupati menegaskan RS baru yang akan berlokasi di Kecamatan Airmar ini merupakan RS penganti dari RS Tipe C yang ada di Kota Sorong saat ini. RS baru ini akan menjadi RS Tipe B.  

Di akhir pertemuan Kepala UP4B menegaskan, jika nanti ada dukungan dari Menteri Kesehatan, Pemda Kabupaten Sorong harus berkomitmen secara penuh mendanai sebagain dari pembangunan RS baru tersebut. Lanjut dia, UP4B juga akan berupaya meminta ke Menkes agar pembangunan RS baru tipe B di Kab. Sorong ini tidak terlalu membebani daerah.  

Untuk kelanjutkan proses pembangunan RS Kabupaten  Sorong ini, Kepala UP4B mengintruksi segera dibentuk Tim yang terdiri dari Pemda Kab. Sorong, Dinkes Kabupaten  Sorong dan Kedeputian III UP4B agar bisa secepatnya berkordinasi dengan Menkes. [154]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!