SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Minggu, 25 Juni 2017
BS logo

YLKI: Perluasan Trotoar Harus Dibarengi Penguatan Transjakarta
Selasa, 19 April 2016 | 16:07

Tulus Abadi. [Antara] Tulus Abadi. [Antara]

[JAKARTA] Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengatakan wacana penghapusan jalur lambat untuk perluasan trotoar di Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin Jakarta harus dibarengi dengan penguatan akses armada TransJakarta.

"Perluasan trotoar di Jalan Sudirman dan Thamrin akan semakin elegan bila bersamaan dengan penguatan akses armada TransJakarta koridor 1 dan koridor-koridor lainnya," kata Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi melalui pesan singkat di Jakarta, Selasa (19/4).

Tulus mengatakan penguatan akses armada TransJakarta itu untuk mengantisipasi lonjakan penumpang akibat migrasi dari penggunaan kendaraan pribadi menjadi TransJakarta.

"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga harus memperbanyak akses parkir di area jalan menuju Jalan Sudirman dan Thamrin," tuturnya.

Tulus menilai wacana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang akan menghapus jalur lambat untuk perluasan trotoar merupakan pemikiran yang progresif.

Menurut Tulus, potret kota modern bukanlah akses jalan untuk kendaraan bermotor yang lebar dan mulus, tetapi adanya akses bagi pejalan kaki, pesepeda dan akses angkutan umum yang memadai.

"Seharusnya perluasan trotoar bukan hanya di Jalan Sudirman dan Thamrin saja, tetapi juga semua ruas jalan di Jakarta. Pejalan kaki di Jakarta sering menjadi pesakitan di jalan raya, bahkan menjadi korban kecelakaan karena tidak ada akses trotoar," tuturnya.[Ant/L-8]




Kirim Komentar Anda


Pasang iklan disini via B1 Ads