SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Sabtu, 25 Oktober 2014
BS logo

Zaini-Muzakir Sementara Unggul di Pilkada Aceh
Selasa, 10 April 2012 | 9:00

Pasangan Zaini-Muzakir [seruu] Pasangan Zaini-Muzakir [seruu]

[BANDA ACEH] Calon gubernur yang diusung Partai Aceh (PA) bersama 16 partai partai nasional dan lokal lain Zaini Abdullah berpasangan dengan  Muzakir Manaf berdasarkan hasil perhitungan cepat (Quick Count) LSI unggul dalam perolerahan suara sementara dengan raihan suara mencapai 55.97 persen, posisi kedua Irwandi-Muhyan 28,93 persen, sedangkan tiga kandidat lain yakni Ahmad Tajuddin-Suriansyah, Nazar-Nova serta Darni-Ahmad Fauzi dibawah 10 persen.

Ferni Hidayah dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) dalam komprensi pers, Senin (9/4) malam di Hotel Hermes Falance, Banda Aceh menyebutkan berdasarkan hasil perhitungan cepat yang dilakukan LSI perolehan suara untuk pasangan no urut 1 Ahmad Tajuddin-Suriansyah 3,67%, no urut 2 Irwandi Yusuh-Muhyan Yunan 28,66 %, no urut 3 Darni Daud-Ahmad Fauzi 4,25 % no urut 4 Nazar-Nuva 7,54% dan no urut 5 Zaini Abdullah-Muzakir Manaf 55.97 %.

Ia menambahkan, hasil Quick Count ini hanya tiga persen jika terjadi eror, namun melihat selisi antara pasangan Zaini dengan pasangan Irwandi mencapai 23 persen maka calon gubernur Zaini Abdullah-Muzakir Manaf dipastikan akan menjadi pemenang untuk memimpin Aceh lima tahun kedepan.

Hasil perhitungan cepat yang  Lingkaran Surve Indonesia (LSI) dan Citra Publik Indonesia juga mengumumkan tentang keunggulan pasangan Zaini Abdullah-Muzakir Manaf dengan perolehan suara mencapai 54,40 % dan pasangan Irwandi-Muhyan  29,88 persen tiga kandidat lain dibawah 10 persen. Demikian kata Candra Hendarnoto kepada wartawan di Hermes Hotel kemarin sore.

Ditambahkan, perolehan suara untuk pasangan Zaini-Muzakir mereka di 23 kabupaten/kota di Aceh, sehingga pasangan ini dalam penguman resmi dari KIP nanti bisa keluar sebagai pemenang dan pilkada gubernur hanya berlangsung satu putaran.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) A. Hafiz Anshary meminta kepada masyarakat Aceh untuk menunggu hasil penghitungan suara  resmi dari Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh guna memastikan pemenang dalam pilkada 9 April 2012 di Aceh.

Terkait dengan hasil Quick Count yang diumumkan oleh sejumlah lembaga survey, pihak KPU atau KIP tidak  bisa melarang, karena itu merupakan hak mereka, tetapi sebaiknya masyarakat harus sabar menunggu hasil resmi yang disampaikan oleh KIP setelah semua rekap suara selesai.

Ia menambahkan, pengumuman hasil quick count, sedikit banyak akan merepotkan KIP Aceh, kalau pengumuman hasil rekapitulasi suara yang dilakukan KIP sama atau mendekati dengan hasil quick count, nanti KIP dituduh ngekor, sebaliknya kalau hasil penghitungan resminya ternyata berbeda dengan hasil quick count maka KIP bisa dituding menyimpang. Ini akan merepotkan lembaga penyelesanggara pilkada.

Calon gubernur Zaini Abdullah usai mendengar pengumun dari LSI di Hotel Hermes Banda Aceh  berharap agar hasil yang diumumkan oleh LSI dan lembaga perhitungan cepat lain tidak jauh berbeda dengan hasil yang diumumkan oleh KIP nantinya dan dia menyampaikan terima kasih kepada seluruh rakyat Aceh yang telah memberikan kepercayaan kepada Partai Aceh (PA) dan partai nasional lain yang mendukung dirinya maju sebagai kepala pemerintahan Aceh periode 2012-2015.

Ia juga berterima kasih kepada semua kandidat lain yang sama-sama telah bertekat untuk mengikuti pilkada secara damai dan pelaksanaan pilkada berlangsung damai dan sangat demokratis, moga-moga dengan dukungan semua pihak bisa membangun Aceh kearah yang lebih maju lagi dimasa mendatang.(147)  




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!