SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Jumat, 31 Oktober 2014
BS logo

Bom Bunuh Diri di Masjid Suriah, 42 Tewas
Jumat, 22 Maret 2013 | 12:38

Ruangan masjid terlihat hancur setelah pelaku bom bunuh diri meledakkan dirinya, dan menewaskan ulama Sheikh Mohammad Said Ramadhan al-Buti, di kabupaten Mazraa, Damaskus, Suriah, Kamis (21/3). [AP]
Ruangan masjid terlihat hancur setelah pelaku bom bunuh diri meledakkan dirinya, dan menewaskan ulama Sheikh Mohammad Said Ramadhan al-Buti, di kabupaten Mazraa, Damaskus, Suriah, Kamis (21/3). [AP]

[DAMASKUS] Sebuah ledakan bom bunuh diri dalam Masjid Iman di Damaskus, ibu kota Suriah, Kamis (21/3), menewaskan 42 orang termasuk Mohamed Saeed al-Bouti yang menjadi ulama senior pendukung rezim Presiden Bashar al-Assad.

Televisi pemerintah Suriah menayangkan rekaman kondisi di dalam Masjid Imam yang mengerikan. Puluhan mayat dengan bagian tubuh, yakni kaki dan tangan yang terpisah, berserakan di lantai berkarpet di antara genangan darah.

Petugas reaksi cepat  mengumpulkan bagian-bagian tubuh yang berserakan itu dan membawanya dalam kantong mayat. Sedangkan 84 korban yang terluka dilarikan ke rumah sakit.

Menurut petugas, pelaku meledakkan dirinya saat Bouti tengah memberikan pelajaran agama kepada para santri di Masjid Imam yang menjadi salah satu masjid terbesar di Damaskus.

Serangan bom bunuh diri dalam masjid adalah yang pertama kalinya terjadi selama konflik Suriah yang telah berlangsung sejak Maret 2011. Sebelumnya, aksi pengeboman juga terjadi saat pertemuan tingkat tinggi pemerintah Suriah untuk pertahanan dan keamanan, menewaskan empat pejabat rezim termasuk saudara al-Assad dan menteri pertahanan.

Bulan lalu, sebuah bom mobil juga menghantam wilayah yang sama, tepatnya dekat markas Partai Bath yang berkuasa di Suriah, menewaskan sedikitnya 53 orang dan melukai 200 lainnya. [AFP/AP/J-9]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!