SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Jumat, 31 Oktober 2014
BS logo

Kapal Induk AS Berlayar di Laut Cina Selatan
Minggu, 21 Oktober 2012 | 10:59

Sejumlah pejabat militer dan pemerintah Vietnam diterbangkan ke kapal induk USS George Washington.[AP] Sejumlah pejabat militer dan pemerintah Vietnam diterbangkan ke kapal induk USS George Washington.[AP]

[SAIGON] Amerika Serikat (AS) mengirimkan kapal induk dan sejumlah kapal pendukung ke Laut Cina Selatan sebagai bentuk dukungan kepada Vietnam yang terlibat sengketa wilayah dengan Cina.

Kapten kapal induk USS George Washington mengatakan   bahwa misi bertujuan untuk meningkatkan hubungan dengan Vietnam. Selain itu, misi pelayaran bertujuan untuk memastikan Amerika Serikat bisa menggunakan jalur di wilayah perairan yang disengketakan.

"Tujuan kami adalah membuat negara-negara di kawasan mengatasi ketegangan  dengan cara mereka sendiri. Peran kami sampai tahap ini adalah menerapkan kebebasan bernavigasi di perairan internasional," kata Kapten Gregory, Sabtu (20/10).

Para pejabat militer dan pemerintah Vietnam diterbangkan ke kapal induk USS George Washington. Hal ini menunjukkan berkembangnya hubungan militer kedua negara yang bermusuhan di masa perang sebelumnya.

Beberapa wartawan juga diundang untuk menyaksikan kebolehan militer Amerika Serikat. Negara-negara tetangga Cina, antara lain Vietnam, Filipina, dan Jepang mencari dukungan dari Amerika Serikat terkait dengan sengketa wilayah. Ketegangan di kawasan meningkat menyusul sengketa wilayah. 

Cina mengklaim hampir seluruh wilayah Laut Cina Selatan. Vietnam, Filipina dan beberapa negara di Asia mengklaim sebagian wilayah perairan.

Sengketa ini menjadi perhatian internasional pada akhir tahun 1990-an ketika hasil survei menunjukkan kemungkinan adanya cadangan minyak dalam jumlah besar di kawasan.

Persaingan antara Amerika Serikat dan Cina memberikan dimensi baru dalam sengketa ini selama beberapa tahun terakhir. [BBC/L-8]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!