SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Minggu, 23 November 2014
BS logo

Kelompok Katolik dan Protestan Bentrok di Belfast
Selasa, 21 Juni 2011 | 9:21

Salah satu situasi bentrokan di Belfast, Irlandia Utara Salah satu situasi bentrokan di Belfast, Irlandia Utara

[BELFAST] Sejumlah orang terluka dalam sebuah bentrokan sektarian di Belfast, ibukota Iralandia Utara. Sekelompok orang yang mengenakan penutup wajah dan diyakini dari kelompok Protestan menyerang rumah-rumah warga Katolik di Short Strand, sebuah daerah Katolik di Belfast Timur yang mayoritas Protestan.

Demikian dikatakan Walikota Belfast Nial O Donnghaile, Selasa (21/6). Menurutnya, para penyerang itu menembakan peluru ke rumah-rumah warga dan aparat kepolisian. “Situasinya panas dan membahayakan,” kata O Dongghaile yang juga penasihat di Partai Sinn Fein itu.

Dia menambahkan, “Mereka melempari rumah-rumah dengan bom kaleng, bom pipa dan bom Molotov. Ada sejumlah warga Short Strand yang terluka dan banyak rumah yang rusak.”

Gambar-gambar yang disiarkan televisi memperlihatkan, kelompok penyerang itu melempari kendaraan polisi dengan batu. Anggota dewan dari Ulster Unionist Michael Copeland membenarkan, ratusan orang terlibat dalam bentrokan tersebut.  “Setahu saya, ratusan rumah di Newtownards Road diserang oleh kelompok dari Strand Walk,” ujarnya.

Kelompok penyerang itu diyakini adalah kelompok Protestan yang mendukung Pemerintahan Inggris di Irlandia Utara.

Menurut O Donnghaile, serangan itu dilakukan tanpa provokasi. Sementara Copeland mengklaim, kekerasan itu adalah aksi balasan terhadap serangan kelompok Republikan Katolik terhadap rumah-rumah milik kelompok Protestan minggu lalu. “Tidak jelas siapa yang bertanggung jawab dalam kasus ini,” kata Copeland. [AFP/A-21]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!