SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Minggu, 23 November 2014
BS logo

Militer Suriah Perangi Pemberontak di Kota Qusair
Senin, 20 Mei 2013 | 11:23

Mobil rusak berat setelah bom mobil meledak, di Damaskus, Suriah, Sabtu (18/5) [AP] Mobil rusak berat setelah bom mobil meledak, di Damaskus, Suriah, Sabtu (18/5) [AP]

[DAMASKUS] Pertempuran sengit dilaporkan terjadi di kota Qusair, Suriah,  Minggu (19/5) setelah pasukan pemerintah mengepung dan melancarkan serangan besar untuk merebut kembali kubu pemberontak. TV pemerintah melaporkan tentara Suriah telah merebut bangunan utama di pusat kota, namun klaim itu dibantah keras oleh para aktivis.

Pemberontak menyatakan 50 orang telah tewas, sementara media pemerintah menyebut 70 "teroris" telah tewas. Hizbullah, kelompok militan Lebanon berpihak dengan pemerintah dikatakan juga terlibat. Sementara orang-orang bersenjata dari kelompok Sunni berperang dengan pemberontak. Kota Qusair yang dekat perbatasan dengan Lebanon,  memiliki nilai strategis yang besar. Kendali atas Qusair akan memberikan akses pemerintah dari Damaskus ke pantai.

Berita tentang serangan terhadap Qusair muncul saat Presiden Suriah Bashar al-Assad bersumpah untuk melanjutkan "perang melawan terorisme". Dalam wawancara pertamanya sejak AS dan Rusia, dia mengumumkan rencana untuk konferensi perdamaian, Assad mengatakan kepada surat kabar Argentina bahwa pertemuan harus fokus pada menghentikan aliran uang dan senjata untuk "teroris".

Assad menolak saran untuk mundur, dan malah mengatakan seorang “kapten” tidak meninggalkan kapalnya dan pemilihan presiden tahun depan akan menentukan masa depannya. Konferensi, yang dijadwalkan Juni 2013, akan mencoba untuk membujuk pemerintah Suriah dan oposisi untuk menerima kesepakatan, termasuk penghentian segera kekerasan. [AFP/BBC/U-5] 




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!