SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Kamis, 23 Oktober 2014
BS logo

Pemilu Malaysia, Pemilih Muda Condong Dukung Oposisi
Jumat, 26 April 2013 | 11:16

Bendera Malaysia. [Google] Bendera Malaysia. [Google]

[KUALA LUMPUR] Suara pemilih muda Malaysia diperkirakan akan turut menentukan hasil akhir pemilu Malaysia. Lebih dari lima juta dari 13,3 juta pemilih terdaftar berusia di bawah 40 tahun, dengan dua juta orang adalah pemilih pemula.  

Suara pemuda Malaysia dapat mengurangi kekuatan dukungan bagi koalisi Barisan Nasional, yang telah memerintah dengan pegangan erat sejak kemerdekaan pada 1957 tapi bersumpah untuk mengakhiri korupsi dan otoritarianisme. Pemuda Malaysia telah menyuarakan kebebasan berbicara dalam pendidikan.  

Bukhairy Sofian, seorang mahasiswa, sudah muak dengan larangan aktivitas politik di universitas-universitas Malaysia, yang disebutnya sebuah belenggu usang. Bukhairy, berusia 23 tahun, memimpin kelompok mahasiswa menyerukan kebebasan akademik. Dia berencana untuk mendukung oposisi pada pemilu 5 Mei nanti.  

“Hari ini, anak muda dapat mengetahui segala sesuatu melalui telepon genggam mereka. Pemuda telah membuka mata mereka (untuk melihat) bahwa mereka dapat mengubah Malaysia menjadi lebih baik,” katanya.  

Dukungan terhadap oposisi di kalangan wraga Malaysia semakin tinggi. Berdasarkan Survei Pusat Demokrasi dan Pemilihan Umum Universitas Malaya (Umcedel) mengindikasikan 43 persen pemilih yakin pemimpin oposisi Malaysia, Anwar Ibrahim memenuhi syarat menjadi perdana menteri, Kamis (25/4). Jajak pendapat melibatkan 1.407 responden yang tinggal di Semenanjung Malaysia pada awal April lalu. [Malaysia Kini/AFP/D-11]  




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!