SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Minggu, 23 November 2014
BS logo

Jokowi Lantik Walikota Jakarta Barat di Rusunawa
Jumat, 17 Mei 2013 | 9:32

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo menemui  warga di kawasan Tambora, Jakarta Barat, tepatnya di Jalan Bandengan Utara 1, Kelurahan Pekojan, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. [SP/Deti Mega] Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo menemui warga di kawasan Tambora, Jakarta Barat, tepatnya di Jalan Bandengan Utara 1, Kelurahan Pekojan, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. [SP/Deti Mega]

[JAKARTA] Setelah melantik Walikota Jakarta Selatan, Rabu (15/5) lalu, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), Jumat (17/5), melantik Walikota Jakarta Barat yang baru, Fatahillah, di Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Tambora, Jakarta Barat.  

Sama seperti melantik walikota-walikota sebelumnya, kedatangan Jokowi pun disambut meriah dengan marawis dan alunan musik khas Betawi.

Warga yang berada di sekitar rusun tersebut pun tampak antusias melihat acara pelantikan tersebut. Jokowi pun langsung membacakan sumpah jabatan untuk walikota yang baru, dan diulang oleh Fatahillah.  

"Dengan memanjatkjan puji dan syukur ke hadirat Tuhan yang Maha Esa, pada hari ini Jumat 17 Mei 2013, saya Gubernur Provinsi DKI Jakarta dengan resmi melantik saudara Fatahillah, S.H, M.M sebagai Walikota Jakarta Barat. Saya percaya saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai yang diberikan," kata Jokowi saat melantik.  

Jakarta Barat sendiri dalam waktu beberapa bulan terakhir tidak memiliki pemimpin wilayahnya. Pasalnya walikota sebelumnya, yaitu Burhanuddin mengundurkan diri dari jabatannya karena akan mencalonkan diri menjadi anggota DPR RI dari Partai Gerindra.  

Hampir tiga bulan ini posisi Walikota dan Wakil Walikota Jakarta Barat kosong. Jika walikotanya mengundurkan diri karena akan mencalonkan diri jadi anggota dewan, sedangkan wakilnya Sukarno memasuki masa pensiun sehingga kepemimpinan di wilayah tersebut pun kosong.  

Sebelumnya, Jokowi telah menunjuk Asisten Sekda Bidang Pemerintahan Sylviana Murni untuk menjadi pelaksana tugas (plt) Walikota Jakarta Barat, sedangkan wakilnya di plt-kan oleh Sekretaris Kota, Rustam Effendy.  

Pelantikan juga dihadiri oleh Ketua DPRD DKI Jakarta, anggota DPRD DKI Jakarta, Forum Pemimpin Daerah, para Kepala Dinas, walikota serta lurah dan camat se-Jakarta Barat. [DMP/L-8]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!