SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Minggu, 23 November 2014
BS logo

Kapolri Lantik Komandan Korps Brimob
Rabu, 12 Desember 2012 | 10:58

Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo [google] Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo [google]

[JAKARTA] Kapolri Jenderal Timur Pradopo melantik Brigjen Pol Unggung Cahyono sebagai Komandan Korps Brimob menggantikan Irjen Pol Safei Aksal di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Rabu (12/12).  

Dalam upacara pelantikan itu, Kapolri menyebutkan, komandan Brimob sebelumnya, Irjen Pol Safei Aksal telah menjalankan tugas sebagai komandan Brimob dengan baik. Hal yang sama pun diharapkan dari komandan Brimob yang baru Brigjen Pol Unggung Cahyono.  

"Personel Brimob diyakini semakin eksis, terbukti dalam tugasnya menangani berbagai insiden kejahatan transnasional. Termasuk perannya menjadi bagian pasukan PBB, serta diterjunkan membantu korban bencana alam," ujar Kapolri.  

Brimob juga diterjunkan mengantipasi ancaman kamtibmas, seperti konflik masyarakat dan gangguan separatisme. "Karena itu kemampuan Brimob diharapkan terus dijaga dan ditingkatkan untuk mengatasi berbagai masalah di masyarakat," tambahnya.  

Ke depan, personel Brimob harus terus mengasah kemampuannya, karena tantangan mendatang akan berbeda dengan saat ini. "Brimob memiliki peran strategis untuk mengatasi berbagai gangguan kamtibmas.  Untuk itu, anggota Brimob harus mempersiapkan dini, bersikap proaktif dan mampu mengatasi gangguan kamtibmas yang berimplikasi pada ketertiban di masyarakat. Juga ikut mengamankan pesta demokrasi rakyat, baik Pemilu 2014 ataupun pilkada di sejumlah daerah," tambahnya.  

Saat ini, Brimob juga harus siap ambil bagian dalam pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru. Pelantikan yang diikuti ratusan para personil anggota Bromib itu berdasarkan keputusan Kapolri yang disebarkan lewat surat telegram rahasia bernomor ST/2310/XI/2012 yang keluar pada 23 November 2012.  

Sebelumnya, Unggung adalah Kapolda Kalimantan Barat. Posisi Kapolda Kalbar akan ditempati oleh Brigjen Tugas Dwi. Irjen Pol Syafei Aksal akan menempati jabatan sebagai Wakil Kabarhakam yang ditinggalkan Irjen Johny Wainal.  

Saat menjadi perwira menengah berpangkat Kombes, Unggung pernah menjabat Kepala Satuan Brimob Polda Jabar. Pada 2009, Unggung menempati wilayah strategis, yaitu Polda Metro Jaya dengan tanggung jawab Kepala Biro Operasional (Karo Ops) Polda Metro Jaya. Baru pada 2011, Unggung memikul tanggung jawab sebagai Kapolda Kalimantan Barat. [G-5]    




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!