SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Kamis, 23 Oktober 2014
BS logo

Pemprov DKI Akan Naikan Gaji Guru Honorer
Selasa, 7 Mei 2013 | 15:34

Basuki Tjahaja Purnama. [Antara] Basuki Tjahaja Purnama. [Antara]

[JAKARTA] Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menaikkan gaji atau pendapatan guru honorer di Jakarta, sehingga kesejahteraannya meningkat.

"Jasa guru honorer sangat dibutuhkan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Jakarta. Maka dari itu, tingkat kesejahteraannya akan terus kami perhatikan," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa.

Menurut Basuki, pengangkatan guru honorer dan peningkatan kesejahteraannya akan dilaksanakan setelah program peningkatan kesejahteraan dokter honorer dijalankan terlebih dahulu.

"Sekarang ini, kami tengah mengupayakan agar gaji guru honorer bisa lebih dari biaya Kebutuhan Hidup Layak (KHL) di Jakarta sebesar Rp1.978.789 per bulan," ujar Basuki.

Basuki menuturkan jumlah guru honorer di Jakarta saat ini mencapai 12.000 orang dan Pemprov DKI telah memberikan tunjangan kesejahteraan guru honorer sebesar Rp400.000 per bulan.

Terkait rencana kenaikan gaji tersebut, Basuki mengimbau agar para guru honorer tidak unjuk rasa atau demonstrasi karena akan mengganggu lalu lintas dan aktivitas warga lain.

"Kalau memang ingin menuntut kenaikan gaji atau menyampaikan segala aspirasi, sebaiknya para guru honorer langsung saja temui saya di kantor. Kita bicarakan baik-baik dengan kepala dingin. Jadi, tidak perlu sampai berdemo," tutur Basuki, berharap.

Jika guru-guru honorer tetap melakukan unjuk rasa, Basuki menyatakan tidak akan mengindahkan aspirasi dan tuntutan lainnya, termasuk permintaan untuk menaikkan pendapatannya.

"Kalau masih bersikeras ingin berdemo, silahkan saja, tetapi aspirasi dan tuntutan mereka tidak akan kami dengarkan, karena sebenarnya mereka bisa saja menemui saya dengan mudah. Kenapa masih ingin berdemo?" ucap Basuki, menegaskan.

Selain kenaikan gaji, Basuki menambahkan tuntutan lain para guru tersebut adalah pengangkatan status dari honorer menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). [Ant/L-9]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!