SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Kamis, 27 November 2014
BS logo

Hujan Rintik-rintik Saat Kecelakaan Pesawat Lion
Senin, 15 April 2013 | 15:16

Pesawat Lion Air yang medarat di pantai setelah gagal landing di Bandara Ngurah Rai Bali [AP] Pesawat Lion Air yang medarat di pantai setelah gagal landing di Bandara Ngurah Rai Bali [AP]

[JAKARTA] Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan mengatakan, kondisi cuaca dalam keadaan berawan hingga hujan rintik-rintik saat kecelakaan pesawat Lion Air JT904 mendarat di laut di dekat Bandara Ngurah Rai Denpasar, Bali.

"Informasi dari petugas tower saat itu, cuaca dalam keadaan berawan dan ada rintik-rintik atau hujan ringan," kata E.E. Mangindaan dalam konferensi pers di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin.

Menhub dalam kesempatan tersebut juga memaparkan kronologis dari peristiwa nahas tersebut.

Awal kejadian itu berawal dari pukul 15.08 WITA, ketika petugas tower Bandara Ngurah Rai telah memperkenankan pesawat itu untuk mendarat ("clear to land").

Namun, pesawat ternyata diketahui mendarat di laut pada pukul 15.10 WITA sehingga petugas tower langsung menekan "crush bell".

"Ini merupakan prosedur yang ada di setiap bandara," katanya.

Ia memaparkan, pada pukul 15.11 WITA, bantuan para petugas dari berbagai instansi telah menuju ke lokasi bersama masyarakat seperti nelayan yang berada di sekitar lokasi untuk turut membantu mengevakuasi penumpang.

Setelah itu, ujar dia, pada pukul 15.55 WITA atau sekitar 40 menit kemudian, semua penumpang dan awak pesawat sudah berhasil dievakuasi untuk mendapatkan perawatan.

Mangindaan juga menuturkan, ketika proses evakuasi itu terjadi bandara langsung ditutup sejak pukul 15.10 dan pada sekitar pukul 17.00 WITA bandara itu telah dibuka kembali.

Menhub mengemukakan bahwa pesawat itu memang benar mengangkut 108 orang yang terdiri atas 101 penumpang dan 7 kru. Ke-101 penumpang itu terdiri atas 56 laki-laki dewasa, 39 perempuan dewasa, 5 anak-anak, dan 1 bayi.

"Di dalam pesawat juga ada warga negara asing yaitu satu warga negara Prancis, satu warga negara Belgia dan dua warga negara Singapura," katanya.

Ia menegaskan bahwa seluruh penumpang telah berhasil dievakuasi dan diselamatkan. [Ant/L-9]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!