SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Selasa, 21 Oktober 2014
BS logo

Penyampaian Visi Misi, Pasangan LukMen Yakin Menang
Jumat, 11 Januari 2013 | 8:53

 Pasangan  dari Partai Demokrat  yang mengusung  nomer urut 3 yaitu Calon Gubernur Papua Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Clemen Tinal yang  disapa LukMen yakin akan memenangkan Pilkada Papua satu putaran. Keyakinan  pasangan ini terlihat usai membacakan Deklarasi Damai di GOR Cenderawasih, APO,  Kamis (10/1) siang saat berfoto berdua  dan meneriakan yel yel Pasangan dari Partai Demokrat yang mengusung nomer urut 3 yaitu Calon Gubernur Papua Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Clemen Tinal yang disapa LukMen yakin akan memenangkan Pilkada Papua satu putaran. Keyakinan pasangan ini terlihat usai membacakan Deklarasi Damai di GOR Cenderawasih, APO, Kamis (10/1) siang saat berfoto berdua dan meneriakan yel yel 'Kami pasti Menang'. [SP/Roberth Isidorus Vanwi]

[JAYAPURA] Hari ini Enam pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua yaitu Noakh Nawipa-Johanis Wob di nomer urut 1 ada  MR Kambu-Blasius Pakage nomor 2, Lukas Enembe-Klemen Tinal nomor 3, Wellington Wenda-Weynand Watori nomor urut 4, Alex Hesegem-Marthen Kayoi nomor 5, dan Habel Suwae-Yop Kogoya nomor urut 6, akan menyampaikan  visi misi di Kantor  DPR Papua, Jumat (11/1) pagi sekitar pukul 11.00 WIT. Setiap kandidat akan diberi waktu 40 menit.

Sehari sebelumnya   Deklarasi Damai yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU), di Gedung Olah Raga (GOR) Cenderawasih Jayapura, Kamis (10/1) siang. Dalam deklarasi damai tersebut, enam pasangan calon gubernur dan wakil gubernur membaca komitmen deklarasi yang diantaranya berisi, kami pasangan calon siap kalah dan menang dengan cara-cara yang bermartabat, tak menjatuhkan pasangan lainnya dan dengan damai.

Sebelumnya deklarasi damai menjelang kampanye Pilgub itu, diawali dengan upacara gelar pasukan pengamanan yang dipimpin langsung Kapolda Papua Irjen Pol Tito Karnavian dihalaman kantor Gubernur Papua pukul 8.00 WIT. Selanjutnya, enam pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur melakukan pawai keliling kota. Sementara itu Ketua KPU Papua Benny Sweni dalam sambutannya mengatakan, deklarasi damai  ini jangan hanya menjadi simbol semata.

“Melainkan dijalankan dengan sungguh-sungguh demi terwujudnya Pemilu Kada Papua yang damai guna memperoleh pemimpin yang benar-benar dipilih rakyat. Kita komitmen pemungutan suara akan dilakukan tanggal 29 Januari nanti. Tinggal 19 hari lagi pemungutan suara, jadi ini adalah rangkaian strategis dan penting untuk mewujudkan pemilu kada yang berkualitas dan bermartabat serta damai dari awal hingga akhir,” ujarnya.

Benny Sweni mengingatkan agar masyarakat harus memilih dengan hati nurani, dan seluruh calon harus bisa menjamin keamanan selama kampanye, menjaga lingkungan dan tidak mengotori lingkungan, arak-arakan kampanye harus tertib. Sementara itu, Dirjen Kerbangpol Kementerian Dalam Negeri Tanri Balilamo yang mewakili Menteri Dalam Negeri berpesan agar Pemilu Kada Papua harus menjadi contoh bagi daerah lainnya di Indonesia yang juga melaksanakan tahapan pesta demokrasi itu.

“Ada sekitar 14 provinsi yang akan melakukan pesta Pemilu kada di tahun 2013 ini. Papua harus menjadi teladan bagi daerah lainnya. Jadi marilah kita wujudkan pesta demokrasi Pemilu Kada Papua yang damai dan bermartabat,” harapnya.

Turut hadir dan menyaksikan deklarasi kampanye damai Forum Komunikasi Koordinasi Pimpinan Daerah Papua, yakni Kapolda Papua Brigjen Pol.Tito Karnavian, Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Cristian Zebua, Ketua MRP Timotius Murib, Ketua DPRP John Ibo, Kepala Kejaksaan Tinggi dan juga dihadiri oleh tokoh masyarakat, adat dan tokoh perempuan Kegiatan ini merupakan bagian dari sosialisasi kampanye, di antaranya memperkenalkan para calon serta membangun komitmen kampanye damai dan bebas politik uang.  

Yakin Menang

Pasangan Lukas Enembe-Klemen Tinal  meyakini hanya satu putaran dalam Pemilukada Papua. Pasangan yang terlihat percaya diri di GOR Cenederawasih. “Kami pasti menang dan hanya satu putaran,”ujarnya kepada  SP usai membacakan deklasrasi siap menang sip kalah.  Sementara itu  pasangan Nomer 2, MR Kambu-Blasius Pakage dicegat SP menegaskan pasaangan ini akan menuju Dok II  tempat kantor Gubernur Provinsi Dok II berada. “ Nomer urut 2  menuju  Dok II, “ujarnya MR Kambu. 

Pasangan Nomer urut 1 yaitu   Noakh Nawipa-Johanis Wob terlihat tenang-tenang saja.  “Kita lihat rakyat akan memilih siapa. Semua mengaku punya massa, tapi semua akan terlihat  tanggal 29 Januari nanti, ”ujar Johanis Wob. [154]     




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!