SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Senin, 27 Maret 2017
BS logo

Setya Novanto: Pilkada untuk Kemajuan Daerah, Jangan Golput
Selasa, 14 Februari 2017 | 20:00

Setya Novanto. [Dok.SP] Setya Novanto. [Dok.SP]

[JAKARTA] Pemungutan suara Pilkada serentak 2017 di 101 daerah tingkat provinsi, kabupaten, dan kota se-Indonesia dilaksanakan besok, Rabu (15/2). Persiapan teknis seperti pengiriman logistik dan surat suara sampai persiapan pengamanan menjelang pencoblosan dinilai cukup baik dan lancar.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Setya Novanto mengimbau semua pihak yang terkait dan bertanggung jawab atas pelaksanaan Pilkada dapat mengemban tugas dan bekerjasama demi terciptanya penyelenggaraan Pilkada yang aman, sukses dan bermartabat.

"Selaku Ketua DPR Republik Indonesia saya mengimbau pemerintah, KPU, Bawaslu, Polri dan TNI dapat bekerjasama untuk memastikan terselenggaranya pilkada serentak yang aman, sukses dan bermartabat," himbau Novanto.

Namun tentu saja, sambung Novanto, sukses tidaknya pelaksanaan pilkada serentak tidak hanya bergantung kepada pemerintah, KPU, Bawaslu serta pihak keamanan. "Tapi juga peran aktif seluruh elemen masyarakat untuk menjadikan agenda demokrasi ini bermartabat," imbuhnya.

Ia mengutarakan, sebagai negara demokrasi terbesar ke-tiga di dunia, Indonesia juga mempunyai kepentingan untuk terus menunjukan prestasi dan capaian demokrasi. Sebab Pilkada merupakan salah satu instrumen demokrasi yang bukan saja melibatkan seluruh elemen masyarakat, tapi juga disaksikan dunia internasional.

"Indonesia punya kepentingan untuk terus memajukan demokrasi sebagai suatu sistem untuk mewujudkan kesejahteraan. Pemilihan umum di tanah air selalu mendapat apresiasi, dijadikan barometer dan inspirasi bagi dunia internasional. Karenanya kita patut berbangga dan menyambut pesta demokrasi ini dengan suka cita dan penuh rasa tanggung jawab," jelas Novanto.

Novanto yang juga Ketua Umum Partai Golkar melanjutkan hakekat pemilihan kepala daerah adalah untuk memilih pemimpin demi kemajuan suatu daerah. Untuk itu dibutuhkan kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat agar kualitas demokrasi di Indonesia bisa meningkat, sehingga kesejahteraan dapat tercapai.

"Semakin baik proses penyelenggaraan dan partisipasi masyarakat, tentu akan semakin baik pula kualitas demokrasi yang kita capai. Artinya semakin berkualitas demokrasinya, maka akan berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu seluruh lapisan masyarakat memiliki peran penting untuk terlibat dan ikut menciptakan iklim yang kondusif. Saya kira semua pihak sepakat dan ini prinsip yang perlu kita kawal sama-sama bagi kemajuan bangsa," tuturnya.

"Pilkada bukanlah acara seremonial 5 tahun sekali, tetapi harus dipahami sebagai hajatan besar untuk menentukan masa depan pembangunan daerah. Dan karena setiap keputusan atau kebijakan politik kepala daerah sangat menentukan arah pembangunan, maka saya mengajak seluruh masyarakat untuk tidak golput atau menyia-nyiakan hak pilih. Datanglah ke TPS dan gunakan hak pilih sebaik-baiknya," tutup Setya Novanto. [PR/L-9]




Kirim Komentar Anda


Pasang iklan disini via B1 Ads