SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Sabtu, 25 Oktober 2014
BS logo

Liga Champions

Chelsea Masih Tetap Mewaspadai Benfica
Rabu, 4 April 2012 | 10:42

Fernando Torres [google] Fernando Torres [google]

[LONDON] Chelsea siap-siap bertemu dengan Barcelona di semifinal Liga Champions musim ini. Tetapi syaratnya,  mereka harus mengatasi terlebih dahulu klub Portugal Benfica pada leg kedua perempat final yang berlangsung di Stamford Bridge, Rabu (4/4) atau Kamis (5/4) dini hari WIB.  

Chelsea sudah unggul 1-0 pada leg pertama di kandang Benfica pekan lalu melalui gol tunggal Salomon Kalou. Pada leg kedua nanti, anak-anak asuh Roberto Di Matteo itu hanya butuh hasil imbang 0-0 untuk bertempur melawan juara bertahan Liga Champions yang pada dini hari tadi menuntaskan perlawanan AC Milan dengan skor 3-1.  

Tetapi The Blues harus tetap hati-hati dan waspada. Sebab bukan tidak mungkin, Benfica bisa memberi kejutan dan membalikkan keadaan. Meskipun, Chelsea memiliki rekor bagus saat bermain di kandang sendiri. Benfica harus mencetak dua gol tanpa balas bila ingin menantang Barcelona di semifinal. Padahal, di babak 16 besar, Chelsea berhasil membalikkan keadaan dari keteringgalan 1-3 saat main di San Paolo melawan Napoli dan berbalik unggul 4-1 di Stamford Bridge.

“Kami harus waspada terhadap Benfica. Kami juga harus bisa melewati mereka untuk lolos ke semifinal. Siapa pun lawan kami di semifinal, kami juga akan berusaha melewatinya, dan kemudian kami akan melaju ke final,” kata gelandang Chelsea Frank Lampard.  

Lolos ke babak semifinal dan melaju hingga ke partai puncak guna meraih juara Liga Champions untuk kali pertama sepanjang sejarah merupakan target realistis Chelsea untuk kembali berpartisipasi di turnamen nomor satu di Eropa itu pada musim mendatang. Pasalanya, posisi mereka di klasemen sementara Liga Utama Inggris tidak memungkinkan untuk lolos ke Liga Champions musim depan. Saat ini, Chelsea berada di peringkat kelima dan sedang berjuang untuk menimal berakhir di peringkat keempat di akhir musim.  

Menyisakan tujuh laga, peluang Chelsea untuk dapat masuk zona Liga Champions memang masih terbuka. Namun, dengan syarat, kedua rival sekotanya itu terus mengalami kekalahan di sisa laga mereka, sementara Chelsea meraih kemenangan demi kemenangan pada setiap partainya.  

“Kami harus berjuang pada dua level itu (Liga Inggris dan Liga Champions). Di klasemen (Liga Inggris), kami kecewa tidak sedang berjuang di posisi pertama dan kedua, tapi Anda harus mengerti jika Anda tidak mungkin berada pada posisi itu setiap tahunnya,” ujar Lampard lagi.  

Menghadapi Benfica, Chelsea memiliki modal bagus dengan mengalahkan Aston Villa 4-2 dalam laga tandang di Villa Park pada akhir pakan lalu. Pada laga itu, striker asal Spanyol Fernando Torres mencetak gol pertamanya di ajang Liga Inggris sejak September tahun lalu. Torres juga bermain cukup baik pada leg pertama melawan Benfica, dengan memberikan assist terhadap gol yang dibuat oleh Salomon Kalou. 

Berkat penampilan yang tengah menanjak itu, Torres kemungkinan akan kembali diturunkan sebagai penggedor pertahanan lawan sejak menit awal, sementara Lampard harus rela menghangatkan diri di bangku cadangan. Namun, pelatih sementara Chelsea   Roberto Di Matteo sedikit dipusingkan dengan cedera yang diderita oleh David Luiz dan Didier Drogba. Luiz dikabarkan menderita cedera engkel, sedangkan Drogba memiliki masalah dengan kakinya.  

Masalah lebih gawat tampaknya harus dihadapi oleh tim tamu. Dua kali jawara Eropa ini, hanya memiliki satu bek tengah yang fit untuk turun pada partai nanti. Bek asal Brasil Luisao menjadi satu-satunya pemain yang berada dalam kondisi siap tempur, sementara tiga pemain lainnya, yakni Jardel, Garay, dan Minguel Victor masih terlilit cedera.  

Sebagai gantinya, pelatih Benfica Jorge Jesus kemungkinan menaruh gelandang Javi Garcia yang diplot sebagai bek tengah untuk berduet dengan Luisao. Namun, kabar baik terdengar dari playmaker Pablo Aimar yang dikabarkan sudah siap merumput kembali bersama tim, setelah absen ketika timnya mengalahkan Braga 2-1 pada pekan lalu.  

Dengan kembalinya pemain asal Argentina itu, Jesus dipastikan akan mengandalkan Aimar untuk dapat mengatur dan membangun serangan serta memberikan suplai bola kepada striker Oscar Cardozo di lini depan. Saat ini, Benfica berada di posisi kedua Liga Portugal, dan tertinggal satu poin dari pimpinan klasemen sementara, FC Porto. Mereka butuh keajaiban untuk menaklukkan Chelsea di hadapan pendukungnya sendiri. [AP/HPS/A-21]    




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!