SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Kamis, 2 Oktober 2014
BS logo

Kasus Patal Bekali

Dua Deputi BUMN Mangkir Pemeriksaan Kejagung
Kamis, 13 Juni 2013 | 18:19

Patal Bekasi. [Google] Patal Bekasi. [Google]

[JAKARTA] Dua petinggi Kementerian BUMN yakni, Deputi Bidang Usaha Industri Strategi dan Manufaktur, Irnanda Laksanawan dan Deputi Bidang Usaha dan Jasa Kementerian BUMN, Gatot Trihargo tidak memenuhi panggilan  pemeriksaan di Kejaksaan Agung (Kejagung) tanpa alasan yang jelas.

"Hingga pukul 15:00 WIB tidak hadir memenuhi panggilan penyidik," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, di Jakarta, Kamis (13/6).

Keduanya dijadwalkan untuk diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi  penjualan aset Patal Bekasi tahun 2012 milik perusahaan BUMN, PT Industri Sandang Nusantara (ISN) yang diduga merugikan negara sebesar Rp 60 miliar.

Tidak hanya Irnanda, dan Gatot Trihargo, dua saksi lainnya yakni, Direktur PT Prosys Bangun Persada Ie Kian Tjoan dan Direktur PT Lingkar Barat Departemen Stevanus Irawan juga tidak memenuhi panggilan jaksa penyidik.

Sebelumnya, Kejagung memeriksa tiga saksi dari PT ISN untuk mendalami pengelolaan administrasi dan kronologis penjualan asset. Ketiganya adalah Direktur Komersial PT ISN  M.Sobirin,  mantan Direktur Komersil PT ISN Bachrinoor, dan General Manager Perbendaharaan dan Umum PT ISN M Masrihadi F.

Dalam kasus ini Kejagung telah menetapkan tiga orang tersangka yakni, Dirut PT ISN Leo Pramuka, Direktur Keuangan PT ISN Widjaja Kresno Brojonegoro, dan Karyawan PT ISN Efrizal. Penetapan tersangka berdasarkan Surat Perintah Penyidikan (Sprindik) Nomor: Print- 71 s/d 73/F.2/Fd.1/05/2013,tgl 31 Mei 2013.

Penjualan aset PT ISN tahun 2012 berupa tanah Patal Bekasi seluas 160 ha seharga Rp 160 miliar diduga tidak sesuai dengan prosedur. Kejagung menduga adanya kerugian negara mencapai Rp 60 miliar yang ditimbulkan dari penjualan aset PT ISN itu. [E-11]  




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!