SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Kamis, 27 November 2014
BS logo

M Nuh Minta KPK Usut Korupsi di Kementeriannya
Jumat, 31 Mei 2013 | 6:57

M Nuh. [google] M Nuh. [google]

[JAKARTA] Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh diketahu pada Rabu (29/5) malam, menyambangi kantor KPK, Jakarta.

Ia datang ternyata untuk melaporkan adanya dugaan penyimpangan anggaran di lingkungan wakil menteri pendidikan dan kebudayaan (wamendikbud).  

Hal tersebut dikatakan Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Johan Budi SP ketika mengklarifikasi isi laporan yang disampaikan M Nuh.  

"Bahwa pak menteri justru menyampaikan hasil tentang adanya dugaan penyimpangan di lingkungan wamen. Justru pak menteri minta KPK laporkan hasil analisasnya, klarifikasi, karena ini sudah ramai diberitakan," kata Johan di kantor KPK, Jakarta, Jumat (30/5).  

Tetapi, Johan enggan merinci seputar isi laporan tersebut. Demikian juga, perihal nama Wamendikbud yang dimaksud tidak disebutkan.  

Johan hanya mengatakan bahwa Mendikbud meminta KPK segera melakukan analisis terhadap laporannya.  

Menurut informasi yang beredar, penyimpangan anggaran tersebut diduga melibatkan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti.  

Seperti diketahui, Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud menemukan berbagai penyimpangan dalam penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) tahun 2012 di Direktorat Jenderal Kebudayaan.  

Berdasarkan hasil investigasi, ditemukan adanya penggelembungan dana dari beberapa mata kegiatan di luar batas kewajaran. Bahkan ditemukaan, adanya intervensi pejabat pada sejumlah lelang kegiatan di Ditjen Kebudayaan yang melibatkan event organizer (EO). [N-8]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!