SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Kamis, 2 Oktober 2014
BS logo

UU Pemda Ditargetkan Selesai Akhir April
Rabu, 6 Maret 2013 | 5:30

[JAKARTA]  Pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemerintah Daerah (Pemda) ditargetkan selesai akhir April nanti.  

Saat ini memasuki tahap lobi antar fraksi terkait sejumlah isu krusial dalam RUU tersebut.

"Kami targetkan selesai dalam masa sidang ini. Setidakanya sampai April ditargetkan selesai," kata Ketua Komisi II DPR Agun Gunanjar di Jakarta, Selasa (5/3).

RUU Pemda merupakan usulan inisiatif dari pemerintah. RUU ini sebagai revisi atas UU Pemda No 32 Tahun 2004. UU ini sendiri dipecah menjadi tiga.

Jika selama ini hanya ada UU No 32 Tahun 2004 tentang Pemda, maka ke depan menjadi tiga yaitu UU Pemda itu sendiri. Kemudian ditambah UU Desa dan UU Pilkada. Saat ini, ketiga RUU itu sedang dibahas pemerintah bersama Komisi II DPR.

Agun menjelaskan, ada sejumlah isu yang masih dicari kesepakatan di tingkat fraksi. Misalnya, masalah titik berat otonomi daerah (Otda). Dalam usulan pemerintah, titik berat Otda tetap seperti sekarang yaitu di kabupaten atau kota. Namun ada sejumlah fraksi yang meminta supaya dinaikkan ke provinsi.

Dalam sistem pemilihan gubenur, pemerintah mengusulkan agar tidak dipilih langsung oleh rakyat, tetapi lewat DPRD. Namun ada sejumlah fraksi yang menolak usulan pemerintah tersebut.

Kemudian ada masalah penentuan wakil kepala daerah. Dalam usulan pemerintah, wakil kepala daerah bukan dipilih satu paket dengan kepala daerah lewat Pilkada langsung. Akan tetapi wakil kepala daerah diusulkan oleh kepala daerah terpilih.

"Masalah-masalah ini yang akan putuskan dalam beberapa minggu ke depan. Masalah-masalah ini kemungkinan akan di bawa ke forum lobi," ujar politisi dari Fraksi Partai Golkar ini. [R-14]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!