SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Jumat, 24 Oktober 2014
BS logo

Hati-hati Bertransaksi dengan Kartu Kredit Bank Mega
Selasa, 31 Mei 2011 | 11:34

Saya pemilik kartu kredit Bank Mega. Sebelumnya saya telah beberapa kali melakukan transaksi di internet menggunakan kartu kredit namun tidak pernah bermasalah. Pada tanggal 2 April 2011 yang lalu, saya melakukan pemesanan kamar hotel melalui situs Agoda menggunakan kartu kredit Bank Mega.

Pada saat transaksi pembayaran diberitahukan bahwa pembayaran saya sebesar Rp 6.105.609 gagal karena ditolak (overlimit). Karena gagal, saya membatalkan transaksi serta tidak melanjutkan pemesanan kamar tersebut. Keesokan harinya pihak Bank Mega menelepon saya untuk mengkonfirmasi transaksi yang saya lakukan melalui internet pada tgl 2 April 2011 (saya melakukan beberapa transaksi via internet pada hari yang sama).

Ketika menanyakan tentang pemesanan kamar yang gagal tersebut, diketahui bahwa transaksi tersebut memang gagal dan tidak akan ditagihkan ke kartu kredit saya. Karena belum yakin, maka keesokan harinya saya menelpon kembali ke Bank Mega (tgl. 04-04-2011) untuk memastikan kembali status transaksi kartu kredit saya apakah gagal atau berhasil. Dan pihak Bank Mega tetap menyatakan transaksi saya gagal dan saya tidak akan ditagihkan sebesar nominal tersebut sebelumnya.

Betapa kagetnya saya pada saat tagihan kartu kredit bulan Mei 2011 saya terima, ternyata transaksi kartu kredit saya yang sebesar Rp 6.105.609 ditagihkan, padahal sebelumnya saya sudah dikonfirmasi dan mengkonfirmasikan kembali ke Bank Mega perihal transaksi tersebut dan dinyatakan "decline/gagal". Saya tentunya tidak berkewajiban membayar tagihan yang jumlahnya cukup besar bagi saya karena informasi yang saya terima terakhir adalah status transaksi saya tersebut “gagal/decline”. 

Pada tgl 10-05-2011 saya langsung menelpon Bank Mega untuk melaporkan keluhan saya dan pihak Bank Mega meminta saya untuk mengisi form Penyanggahan Transaksi. Pada tgl 11-05-2011 saya mengirimkan formulir Penyanggahan dan sampai sekarang proses tersebut masih menggantung. Memang saya ditelpon beberapa kali oleh pihak Bank Mega, namun setiap telepon yang saya terima bukan berupa penyelesaian, hanya mengkonfirmasi pengajuan sanggahan saya.

Saya pun sudah beberapa kali mem-follow up masalah ini ke Bank Mega, namun selalu terhubung oleh Customer Service yang berbeda sehingga saya harus menjelaskan permasalahan dari awal lagi. Yang saya permasalahkan di sini adalah, mengapa Bank Mega dapat seenaknya mengganti transaksi kartu kredit yang jelas-jelas dari pihak Bank Mega mengatakan "decline/gagal" kemudian menjadi "approved/sukses". Selang waktu perubahan transaksi menjadi "approved" adalah 4 hari (sesuai dengan informasi dari pihak Bank Mega).

Pihak Bank sendiri tidak pernah memberitahukan ke saya, sebagai pemilik kartu dan pelaku transaksi bahwa transaksi tersebut telah "approved/setuju". Mungkin contoh kasus saya adalah hanya satu dari beberapa kasus yang pernah terjadi, namun bukankah ini berarti sama saja dengan melakukan "perampokan" terhadap nasabah? Karena posisi terakhir status yang diketahui nasabah adalah "decline/gagal" namun tiba-tiba Bank Mega dapat mengubah bahwa transaksi tersebut "approved/gagal" dan tanpa sepengetahuan si pemilik kartu? Agar Bank Mega dapat memperbaiki sistem transaksi online nya sehingga tidak merugikan nasabah.

Fanny Riyanti Wiroso
Tangerang




Tanggapan Atas Surat Ini

Bukan hanya kartu kredit,setoran tunai via atm jg beresiko.saya korbannya sudah aku masukan uangnya ternyata mesin error otomatis saya melapor ke pihak bank,yaitu bank mandiri.sudah saya serahkan bukti setoran errornya eh udah sebulan ini belum dikembalikan .dijanjikan 2 minggu tapi sampai sekarang blm ada pengembalian.padahal uang itu mau dipakai buat kebutuhan sehari hari.saya sudah capek bolak balik kebank tapi cs salalu punya alasan saja.bagaimana neh kinerja bank mandiri,bukti kan sudah jelas.apa harus nunggu setahun lagi???dulu kartu kemakan mesin sekarang uang juga.ckckck....

samsari
TEGAL



Data tidak tersedia.
Data tidak tersedia.