ck Jaga Harga Pangan, Kemdag Gelar Operasi Pasar di Ritel Modern

Jaga Harga Pangan, Kemdag Gelar Operasi Pasar di Ritel Modern


...

Ilustrasi operasi pasar beras.

 

Jakarta, Beritasatu.com-Guna mencegah kelangkaan dan menjaga stabilitas harga pangan jelang liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Kementerian Perdagangan (Kemdag) bersama Perum Bulog akan menggelar operasi pasar di ritel modern.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Suhanto menuturkan, dalam rangka menjaga stabilisasi harga kebutuhan barang pokok hari besar keagamaan khususnya menjelang Natal dan Tahun Baru, pihaknya telah melakukan beberapa langkah.

Antara lain, rapat bersama antara ritel modern yang ada di seluruh Indonesia dalam rangka stabilisasi bahan pokok khususnya beras. Di mana, nantinya ritel modern akan menjual beras medium di seluruh Indonesia. Dengan demikian, keberadaan beras nanti harganya akan terjamin.

"Tadi dari Kabulog langsung siap untuk operasi pasar melalui yang selama ini operasi pasar hanya di pasar rakyat, untuk tahun ini ritel modern ikut serta. Jadi, kami harapkan dengan adanya retail modern ikut serta nanti semua barang-barang kebutuhan pokok khusunya seperti beras, minyak goreng, gula pasir dan daging selalu akan selalu terjamin harga eceran tertinggi (HET)," ujarnya dalam jumpa pers, di Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Selain itu, rapat koordinasi nasional ketersediaan harga yang mengundang kepala dinas dari 34 provinsi yang membidangi perdagangan. "Disana dilaporkan sampai saat ini kondisi bahan pokok di 34 provinsi dalam kondisi normal tanpa ada gejolak," katanya.

Lalu rakor daerah, dimana semua daerah yang umumnya melaksanakan Natal yaitu 15 provinsi akan dilakukan penetrasi pasar langsung yang dipimpin oleh eselon 1. Para eselon I pun sudah ditugaskan untuk terjun langsung memimpin rapat koordinasi bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID).

"Secara intens dua minggu menjelang Natal dan Tahun Baru tim akan langsung di lapangan bersama-sama dengan tim di daerah," pungkas Suhanto.



Sumber : Suara Pembaruan