Vettel: Mercedes Jelas Diuntungkan Dalam Uji Ban Rahasia


...

Sebastian Vettel memeriksa kondisi ban di mobilnya di Sirkuit Internasional Shanghai.

Montreal - Juara dunia Sebastian Vettel tanpa ragu-ragu mengatakan tim Mercedes mendapat keuntungan dari tes ban privat yang mereka lakukan bersama Pirelli menjelang Grand Prix di Monaco.

Mercedes dan produsen ban asal Italia itu bisa terkena hukuman berat kalau mereka dinyatakan bersalah melanggar peraturan FIA dalam sidang mendatang.

Di dalam regulasi sekarang, pengujian selama musim berlangsung dilarang dan Vettel mengungkapkan keyakinannya bahwa Mercedes dan para pembalapnya mendapat keuntungan sepihak dalam tes selama tiga hari di Circuit de Catalunya.

"Aku tidak tahu persis ban apa yang mereka pakai, sudah banyak pembicaraan soal itu, tapi kupikir anda bisa selalu belajar sesuatu ketika berada di trek dan mungkin saja anda memakai ban yang sudah pernah dipakai atau akan dipakai nanti. Jadi dalam hal ini setiap putaran yang dibuat punya manfaat," jelas pembalap Red Bull itu.

"Kami semua tahu betapa pentingnya uji coba musim dingin (pra musim), namun kualitas pengujian itu tidak sama karena kondisinya berbeda dan mobilnya masih dalam tahap awal pengembangan. Jadi kalau anda punya kesempatan melakukan uji coba selama tiga hari di tengah musim, itu akan sangat membantu."

"Kasus ini sekarang dibawa ke jalur formal namun jelas tidak benar melakukan pengujian di tengah musim. Ini dilarang dan karenanya semua perdebatan ini terjadi.”

Vettel juga mengatakan dirinya sangat terkejut ketika mendengar berita tentang uji coba Mercedes itu menjelang balapan di Monaco bulan lalu.

Sumber : ESPN