Jumlah Pencari Kerja Indonesia Terbesar di Asia


...

Ilustrasi mencari pekerjaan [merdeka]

[JAKARTA] Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pencari kerja terbesar di Asia, yakni setiap tahun mencapai sekitar 30 juta pencari kerja (Jobseekers). Chief Executive Officer JobsDB Indonesia Adrian Chng mengatakan, fakta tersebut didapat dari hasil riset dan survei yang dilakukan JobsDB di enam negara yaitu Indonesia, Malaysia, Hong Kong, Singapura, Thailand, dan Filipina.  

“Pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang sangat pesat merupakan salah satu faktor penyebab mengapa para pencari kerja terbesar berada di Indonesia,” ujar dia dalam acara “JobsDB Trend Baru Dalam Mencari Kerja” di Hotel Shangrila Jakarta, Selasa (26/3).  

Menurut dia, trend pencarian kerja di Indonesia juga mengalami perubahan besar. Ia mengatakan, banyak dari pencari kerja di Indonesia sudah meninggalkan kebiasaan lama mereka dengan mencari pekerjaan melalui media cetak. Adrian mengatakan, dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat, para pencari kerja di Indonesia mengakses lowongan pekerjaan melalui internet, dimana mayoritas para pencari kerja mengakses pekerjaan mereka melalui jobportal. 

 “Dengan perkembangan teknologi, para pencari kerja mengakses pekerjaan mereka melalui komputer bahkan saat ini bisa melalui smartphone atau mobile phone,” ujar dia.

Dia mengatakan, meningkatnya jumlah pencari kerja melalui internet membuat beberapa perusahaan swasta banyak menjalin kerja sama dengan jobportal, salah satunya JobsDB. Menurut dia, dari Januari 2011 sampai Januari 2013, jumlah pengakses situs lowongan kerja JobsDB meningkat tajam sebesar 266%.

“Rata-rata yang mencari pekerjaan tersebut berusia antara 18-40 tahun, yang berasal dari beberapa kalangan. Ada yang fresh graduate dan ada juga yang sudah bekerja,” tutur dia. Managing Director JobsDB Indonesia Ariadi Anaya mengatakan, karakteristik para pencari kerja di Indonesia jika dibandingkan dengan negara Asia lain adalah lebih dinamis dan menyukai hal hal baru.  

“Para pencari kerja di Indonesia adalah orang-orang yang sangat jeli dan dinamis dalam mencari lowongan pekerjaan dan biasanya mereka mencari pekerjaan sesuai dengan minat dan bakat mereka masing masing,” ujar dia.  

Dari hasil survei JobsDB, 25% pencari kerja di Indonesia adalah orang-orang yang belum pernah bekerja atau fresh graduate dan 41% mereka yang telah bekerja namun menginginkan pekerjaan baru yang lebih baik. Sisanya, 34% adalah orang-orang yang sudah betah dengan pekerjaan lama dan tidak mau mencari pekerjaan baru.  

Dia mengatakan, 5 bidang pekerjaan yang paling banyak diminati para pencari kerja di Indonesia adalah pekerjaan yang bergerak di bidang administrasi, informasi teknologi (IT), sales, marketing, dan finance.  [Y-9]



Sumber : suarapembaruan