Efek Perokok Pasif Lebih Tinggi pada Anak Perempuan


...

Anak perempuan lebih mengalami risiko kesehatan saat terpapar asap rokok.

Cenderung mengalami penurunan fungsi paru-paru.

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa anak perempuan lebih tinggi mengalami risiko kesehatan ketika menjadi perokok pasif daripada anak lelaki.

Para peneliti dari Universitas Cincinnati meneliti 476 anak dan menemukan bahwa mereka yang terekspos asap rokok dalam level tinggi dan juga pernah mengalami alergi yang sensitif pada usia 2 tahun, berada dalam risiko tertinggi mengalami berkurangnya fungsi paru-paru pada usia 7 tahun.

Peneliti juga menemukan bahwa fungsi paru-paru di antara anak-anak yang terekspos level yang sama terhadap asap rokok dan alergi yang sensitif – dalam hal sistem kekebalan mengembangkan antibody yang terlihat dalam tes alergi – enam kali lebih buruk terjadi pada anak perempuan daripada anak lelaki.

“Penelitian kami memperlihatkan bahwa waktu kemunculan alergi ini penting karena anak-anak yang menjadi sensitif sebelum berusia 2 tahun, cenderung menderita defisit fungsi paru-paru selama masa kanak-kanaknya sebagai hasil dari paparan asap rokok,” ujar salah satu peneliti, Kelly Brunst, seorang kandidat doktoral di divisi epidemiologi dan biostatistik di Universitas Cincinnati.

“Hubungan ini tidak diteliti pada usia 4-7 tahun, untuk menekankan pentingnya hal ini bagi pengembangan fungsi paru-paru,” ujar Brunst.

Penelitian yang dipimpin oleh epidemiologis dari Studi Alergi dan Polusi Udara pada Anak-Anak (CCAAPS)  dari universitas itu dipublikasikan di jurnal Pediatric Allergy and Immunology pada 21 Maret.

“Hasil penelitian kami menyediakan informasi penting terkait dengan hubungan antara tahun-tahun awal kehidupan manusia terhadap paparan asap rokok, sensitif yang menyebabkan alergi, gender, dan fungsi paru-paru,” ujar Grace LeMasters, profesor kesehatan lingkungan dan kepala penyelidik di CCAAPS.

“Terlihat bahwa interaksi kompleks antara perokok pasif dan hilangnya fungsi paru-paru pada anak lelaki dan perempuan ini tergantung pada waktu paparan,” kata LeMasters.