16 Seniman Muda Diberangkatkan ke Broadway


...

[JAKARTA] Sebanyak 16 seniman muda dan berbakat terpilih untuk diberangkatkan ke Broadway guna mengikuti program beasiswa Indonesia Menuju Broadway yang dilaksanakan Bakti Budaya Djarom Foundation.

Mereka terpilih setelah mengikuti program intensif bersama para pengajar dari StudentsLive - Passport to Broadway selama lima hari mulai 20 - 24 Februari 2019 di Balai Resital Kertanegara, Jakarta.

Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, Renitasari Adrian mengatakan, dari pelatihan intensif selama lima hari yang luar biasa, 70 peserta terpilih memiliki kesempatan untuk berkolaborasi bersama tim broadway papan atas yang terdiri dari sutradara, direktur musik, koreografer dan tim pendukung produksi dan panggung broadway.

“Namun, selama proses pelatihan berlangsung, ada 2 peserta yang mengundurkan diri sementara ke-68 peserta lainnya tetap melanjutkan proses latihan dan berhak tampil di “Broadway Goes to Indonesia” Original Broadway Musical Showcases yang dilaksanakan hari ini ,” ujar Renitasari dalam sambutan singkatnya, Minggu (24/2).

Disebutkan, sebelumnya pihaknya hanya akan memilih 10 orang yang akan diberangkatkan ke New York oleh Bakti Budaya Djarum Foundation untuk mendapatkan pelatihan di broadway dari para spealis teater musikal terbaik selama 5 hari pada Juli 2019 mendatang.

“Namun melihat penampilan luar biasa yang ditampilkan anak-anak kami sangat terkesan dan menambahkan 6 orang lagi menjadi 16 peserta,” kata Renita yang mendapat tepuk tangan dari 68 peserta dan penonton yang hadir di Balai Resital Kertanegara.

Dikatakan, bekerja sama dengan Passport to Broadway, New York, program Indonesia Menuju Broadway merupakan sebuah program beasiswa pelatihan bagi seniman muda untuk mendapatkan ilmu panggung dengan standar broadway di Indonesia. Sejak dibuka 10 – 28 Januari lalu, program Indonesia Menuju Broadway telah menerima 672 peserta. Dari jumlah tersebut, kemudian dipilih sekitar 243 peserta untuk mengikuti proses audisi bersama para juri berpengalaman di dunia seni pertunjukan seperti Ari Tulang, Garin Nugroho, Andrea Miranda, dan Ufa Sofura.

“Peserta yang mengikuti audisi ini sangat beragam. Mulai dari pelajar, pekerja seni, lulusan ajang pencarian bakat, penyanyi yang sudah memiliki album, penari, hingga pemain film yang pernah masuk nominasi dan memenangkan Piala Citra,” ujar Renita.

Selanjutnya dari audisi oleh para juri tersebut berhasil memilih 70 orang peserta yang berhak mengikuti program intensif bersama para pengajar dari StudentsLive - Passport to Broadway.

Program-program ini memungkinkan para pelajar maupun seniman generasi muda untuk menjadikan seni sebagai bagian utama kehidupan mereka dan mampu mengeksplorasi beragam seni, tidak hanya sebagai kegiatan tambahan atau hanya sebagai penonton di dalam sebuah pertunjukan broadway.

"Dalam pelatihan intensif ini, para peserta memainkan karya-karya musikal broadway ciptaan penulis dan komposer terbaik dari Amerika Serikat,” kata Renita.

Dikemukakan, para seniman dari berbagai bidang seni tersebut memiliki kesempatan untuk mendapatkan pengalaman interaktif melalui program pelatihan teater yang diajarkan oleh para ahli terbaik dan sangat terlatih yang memungkinkan mereka mendapatkan tema pelajaran yang beragam melalui setiap pelatihan yang mereka hadiri.

Mereka juga berkesempatan mengikuti pelatihan intensif dari para aktor yang memiliki disiplin yang tinggi, tanggung jawab karier dari para profesional broadway di balik layar, dan banyak sekali keterampilan yang diperlukan dalam kerja sama kolaborasi, komunikasi dan eksplorasi manusia.

“Tidak hanya di Indonesia, StudentsLive-Passport to Broadway juga memperluas kerja sama secara global dan menjangkau negara-negara mitra lainnya seperti, Tiongkok, Jepang, Brasil, Guatemala, Korea Selatan, dan Italia untuk menampilkan bentuk seni Teater Musikal Broadway yang unik ini,” ujar Renita.

Merasa Terhormat

Sementara itu sutradara artistik dari StudentLive – Pasport to Broadway, Amy Weinstein mengatakan, dalam iklim global yang sulit dan terus berubah ini, StudentsLive - Passport to Broadway merasa terhormat dapat menjalin kerja sama dengan organisasi seperti Bakti Budaya Djarum Foundation.

Menurut Amy kerja sama dalam rangka meningkatkan pemahaman dan apresiasi akan beragam budaya dan masyarakat seluruh dunia melalui pelatihan studi teater yang begitu universal.

Dikemukakan, dalam 18 tahun terakhir, StudentsLive - Passport to Broadway telah menarik lebih dari 350.000 peserta dari beragam latar belakang budaya, etnis, dan sosial ekonomi yang berbeda. “Mereka menerapkan kurikulum teater National Standard dan Broadway Educational Workshops and Materials untuk mendukung berbagai sekolah di seluruh dunia melalui pelatihan, perekrutan, dan pengorganisasian dari tim Broadway Artists and Professionals,” ujar Amy. [RS]

Berikut 16 Seniman berbakat yang terpilih berangkat ke Broadway:

1. Adyla Rafa Naura Ayu

2. Aldafi Adnan Hutomo

3. Dasrizal

4. Desmonda Cathabel

5. Evelinn Kurniadi

6. Galabby Thahira

7. Gerardo Cristopher Jonathan Tanor

8. Katherine Permatasari

9. Ken Samsara Ajisiwi

10. Lil'li Latisha

11. Muhammad Qardhawi Gad El Haq

12. Ni Made Ayu Raharsini Gurnitha

13. Palka Kojansow

14. Panendra Larasati

15. Putri Indam Kamila

16. Stephanie Mariska Setiawan

 



Sumber : suarapembaruan