Bawaslu Minta Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno Gunakan Debat Secara Efektif


...

[JAKARTA] Ketua Bawaslu Abhan mengimbau Calon Wakil Presiden Nomor Urut 01 KH Ma'ruf Amin dan Calon Presiden Nomor Urut 02 Sandiaga Uno untuk memanfaatkan momentum debat Pilpres ketiga dengan efektif dan sebaik-baiknya. Keduanya, kata Abhan harus benar-benar menjadi debat sebagai kesempatan menyampaikan visi, misi dan program mereka lima tahun mendatang.

"Gunakan debat untuk menyampaikan visi, misi dan apa yang sesuai dengan topik pembahasan di dalam tema debat ketiga," ujar Abhan dalam keterangan tertulis dari Badung, Bali, Sabtu (16/3).

Untuk itu Abhan meminta Ma'ruf Amin dan Sandiaga mempersiapkan diri sebaik-baiknya sehingga inti visi-misi terkait tema debat bisa terkomunikasi dengan baik kepada masyarakat. Keduanya, kata Abhan, perlu belajar dan memperbaiki hal-hal kurang dari debat pertama dan kedua.

"Mudah-mudahan pengalaman debat pertama dan kedua menjadi kebijakan untuk memperbaiki kalau ada yang kurang bagi kedua pasangan calon dalam melakukan debat yang ketiga," imbuh Abhan.

Selain itu, kata Abhan, kedua cawapres harus tetap menjaga etika dan tata tertib dalam debat. Keduanya harus memperhatikan hal-hal dilarang dan diperbolehkan sesuai UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dalam berkampanye. Karena, debat adalah salah satu bentuk atau metode kampanye.

"Debat ini kan menggali visi-misi, adu argumentasi visi-misi, harapan kami debat malam ini bisa memberikan pendidikan politik pada masyarakat, yang bisa mencerdaskan masyarakat," kata Abhan.

Lebih lanjut, Abhan juga meminta para pendukung kandidat khususnya yang masuk arena debat untuk memperhatikan tata tertib dan etika. Dia berharap pendukung di arena debat harus menjaga kondusifitas debat karena debat tersebut juga ditonton oleh seluruh masyarakat Indonesia. (YUS)

 



Sumber : suarapembaruan