l Boeing Tangguhkan Seluruh Jet Boeing 737 MAX | Suara Pembaruan

Boeing Tangguhkan Seluruh Jet Boeing 737 MAX
U-5 | Kamis, 14 Maret 2019 | 19:17

Pesawat Lion Air Boeing 737 MAX 8 [Istimewa] Pesawat Lion Air Boeing 737 MAX 8 [Istimewa]

[CHICAGO] Perusahaan Boeing telah merekomendasikan penangguhan sementara seluruh armada global pesawat 737 MAX di seluruh dunia, Rabu (13/3). Rekomendasi itu dikeluarkan setelah beberapa negara, termasuk AS, melarang penggunaan 737 MAX usai kecelakaan Ethiopian Airlines yang menewaskan 157 orang di dalamnya.

Pada Rabu (13/3), Boeing menyatakan, pihaknya mengusulkan penangguhan operasional Boeing 7373 MAX kepada Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA) dengan pertimbangan kehati-hatian.

“Kami mendukung langkah proaktif ini dari kehati-hatian. Kami melakukan segala yang kami bisa untuk memahami penyebab kecelakaan dalam kemitraan dengan para penyelidik, menyebarkan peningkatan keselamatan dan membantu memastikan ini tidak terjadi lagi,” kata Dennis Muilenburg, Presiden, CEO dan Ketua Boeing di situs internet perusahaan.

FAA memerintahkan penangguhan operasional sementara dan melakukan investigasi yang tertunda, dari semua 737 MAX pesawat yang dioperasikan oleh maskapai AS atau di wilayah AS. FAA memiliki tim yang menyelidiki bencana di lokasi kecelakaan Ethiopian Airlines dan bekerja dengan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional.

Dikatakan, keputusan FAA itu didasarkan pada bukti baru yang dikumpulkan di situs kecelakaan Ethiopian Airlines, dekat ibu kota, Addis Ababa, serta "data satelit yang baru disempurnakan".

“Menjadi jelas bagi semua pihak bahwa jalur [penerbangan] Ethiopian Airlines sangat dekat dan berperilaku sangat mirip dengan penerbangan Lion Air. Bukti yang kami temukan di darat membuatnya bahkan lebih mungkin jalur penerbangannya sangat mirip dengan Lion Air,” kata Dan Elwell, penjabat administrator FAA. [CNN/Al Jazeera/BBC/U-5]




Kirim Komentar Anda