Rio Haryanto Incar Poin di Silverstone


...

Rio Haryanto.

"Ini tantangan besar bagi Rio untuk bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya saat tampil di kandang sendiri."

Pembalap nasional asal Solo, Jawa Tengah, Rio Haryanto, menargetkan mendapatkan tambahan poin saat tampil pada seri ketujuh lomba balap mobil GP2 Series di Silverstone, Inggris, 6-8 Juli 2012.

Juru bicara Rio Haryanto, Andy Mailangkay saat dihubungi dari Semarang, hari ini, mengatakan bahwa segala persiapan sudah dilakukan Rio Haryanto, termasuk latihan fisik sejak tampil pada seri keenam di Valencia, Spanyol, beberapa waktu lalu.

"Rio Haryanto hanya menargetkan mendapat tambahan poin saat tampil di kandangnya sendiri (Inggris)," ujar Andy.

Sampai dengan berakhirnya seri keenam di Valencia, Spanyol, beberapa waktu lalu, Rio Haryanto yang mendapat dukungan penuh dari PT Pertamina (Persero) menempati peringkat ke-15 klasemen sementara dengan nilai 26.

Tambahan nilai terbesar diraih pebalap berusia 19 tahun tersebut pada race pertama (feature race) seri keenam di Valencia, yaitu 10 angka karena mampu menempati posisi kelima dari 28 peserta lomba.

Kemudian, nilai lainnya didapat saat tampil di Sirkuit Sakhir Bahrain dan Sirkuit Sepang, Malaysia. Akan tetapi, pada seri keenam race kedua (sprint race) di Spanyol, Rio mendapat penalti lima grid karena mobilnya bersenggolan dengan pebalap lainnya James Calado.

Dampak dari hukuman penalti tersebut, lanjut dia, pada babak kualifikasi di Silverstone Inggris, Jumat (6/7), posisi start Rio melorot enam tingkat. Misalnya hasil, kualifikasi Rio menempati posisi 10 maka pada race pertama Rio menempati start ke-15.

Ia menambahkan tampil di Sirkuit Silverstone Inggris ini ibaratnya tampil di kandang sendiri karena timnya Marussia Carlin juga bermarkas di negara tersebut, bahkan rekan satu klubnya Max Chilton juga dari Inggris.

"Ini tantangan besar bagi Rio untuk bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya saat tampil di kandang sendiri," tegasnya.

Menurut dia, sirkuit di Silverstone ini juga bukan sirkuit yang baru bagi Rio karena sebelumnya, yaitu saat di GP3 juga pernah berlomba di sirkuit ini, bahkan saat menjalani tes bersama timnya juga di sirkuit ini.

"Saya kira sirkuit di Silverstone sudah sangat familiar bagi Rio Haryanto. Kami berharap Rio bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya saat tampil di kandang sendiri," katanya.



Sumber :