ck Jutaan Warga Iran Memilih Pemimpin Baru

Jutaan Warga Iran Memilih Pemimpin Baru


...

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad.

Teheran - Jutaan warga Iran hari ini memberikan suara mereka dalam pemilu yang akan menentukan siapa presiden baru, menggantikan calon petahana Mahmoud Ahmadinejad.

Pemimpin Agung Iran Ayatollah Ali Khamenei menyerukan pada 50 juta pemilih untuk memilih pemimpin baru sementara AS menganggap pemilihan Iran ini hanya basa-basi.

“Saya mendengar seseorang di Dewan Keamanan PBB mengatakan bahwa PBB tidak menganggap sah hasil pemilu Iran. Kami tidak peduli,” ujar Khamenei.

Rakyat Iran akan memilih enam calon pengganti Ahmadinejad dalam pemilihan yang dimulai tadi pagi di Iran dan berakhir pukul 18.00 waktu setempat (20.30 WIB).

“Yang paling penting adalah semua orang memilih. Bangsa kita harus memilih dengan antusias dan keceriaan. Masa depan bangsa ini ada di tangan para pemilih,” ujar Khamenei.

Dunia barat dan negara-negara OPEC berharap pemimpin baru Iran mempunyai sifat yang lebih lunak dibanding Ahmadinejad yang terkenal tegas.

Pada 24 Mei lalu, sekretaris negara AS John Kerry mempertanyakan kredibilitas pemilu Iran.

Salah satu calon presiden Iran, Kepala Negosiator Nuklir Saeed Jalili mengatakan semua orang harus menghormati hasil pemilu Iran.

Jalili bersama Walikota Teheran Mohammad Baqer Qaliba dan mantan Menteri luar Negeri Iran Ali Akbar Velayati dianggap sebagai tiga calon terkuat menggantikan Ahmadinejad.

Qaliba dan Velayati berjanji dalam kampanye mereka akan meneruskan program nuklir Iran yang kerap menjadi sorotan dunia internasional, sementara Jalili dianggap sebagai kandidat yang paling konservatif.

Tanpa adanya lembaga survei yang terpercaya di Iran, sulit mengukr tingkat popularitas masing-masing kandidat.

Sumber : Reuters