l Eropa dan Asia Tangguhkan Boeing 737 MAX8 | Suara Pembaruan

Eropa dan Asia Tangguhkan Boeing 737 MAX8
U-5 | Kamis, 14 Maret 2019 | 8:18

Pesawat Lion Air Boeing 737 MAX 8 [Istimewa] Pesawat Lion Air Boeing 737 MAX 8 [Istimewa]

[ADDIS ABABA / PARIS] Regulator keselamatan penerbangan Uni Eropa dan Asia pada Selasa (12/3) menangguhkan semua penerbangan yang menggunakan Boeing 737 MAX8. Para senator Amerika Serikat (AS) bahkan menyarankan otoritas mengambil tindakan serupa setelah kecelakaan di Etiopia yang menewaskan 157 orang.

Inggris, Jerman, dan Prancis bergabung dengan gelombang penangguhan pesawat Boeing 737 MAX8 setelah kecelakaan pada Minggu (10/3). Tindakan itu segera diikuti oleh keputusan yang sama oleh India, Malaysia, Singapura, dan Australia yang makin menumpuk tekanan pada AS untuk mengikutinya.

“Otoritas Penerbangan Sipil Inggris (CAA) telah memantau situasi dengan cermat, namun, karena saat ini kami tidak memiliki informasi yang memadai dari perekam data penerbangan yang kami miliki, sebagai langkah pencegahan, mengeluarkan instruksi untuk menghentikan penerbangan penumpang komersial dari operator mana pun. tiba, berangkat atau berlebih wilayah udara UK,” kata pernyataan CAA.

Pada Selasa (12/3), European Aviation Safety Agency (EASA) mengumumkan larangan wilayah udara UE bagi pesawat Boeing 737 MAX8 demi “memastikan keselamatan penumpang.” Pada saat yang sama, mereka menjelaskan terlalu dini untuk menarik kesimpulan tentang penyebab kecelakaan itu.

Larangan EASA itu menyusul bergulirnya larangan dan penangguhan dari negara-negara Eropa dan perusahaan penerbangan. Pernyataan itu mencatat ada dua kecelakaan pesawat fatal yang melibatkan Boeing 737 MAX 8 dalam waktu kurang dari lima bulan. [Reuters/RT/CNN/AFP/U-5]




Kirim Komentar Anda