Festival FORMI 2017 Jadi Wadah Olahraga Rekreasi


...

Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) wilayah Jakarta Selatan mengelar Festival FORMI 2017 dan Kompetisi Senam Kreasi.[Istimewa]

[JAKARTA] Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) wilayah Jakarta Selatan mengelar Festival FORMI 2017 dan Kompetisi Senam Kreasi. Acara dihadiri 2.000 peserta dari 10 wilayah kecamatan di Jaksel ini diawali dengan senam bersama “Ayo Bersatu” yang merupakan senam wajib federasi tersebut.

Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Selatan, Jayadi mengungkapkan peranan FORMI sebagai wadah olahraga rekreasi masyarakat sangat dibutuhkan dalam membangun masyarakat yang sehat secara jasmani dan rohani. Hal ini tentunya sejalan dengan kebijakan dari Pemprov DKI Jakarta yang berencana untuk menyelenggarakan festival olahraga berbasis komunitas sepanjang tahun.

“Oleh karena itu, kami dari pemkot Jakarta Selatan sangat mendukung kegiatan-kegiatan bermanfaat seperti ini. Melalui kegiatan olahraga bersama seperti ini, akan tercipta masyarakat yang sehat dan bahagia,” ujar Jayadi mewakili Walikota Jakarta Selatanpada keterangannya, Senin (27/11).

Ketua FORMI Wilayah Jakarta Selatan, H. Sudarsono menjelaskan pihaknya mewadahi olahraga-olahraga yang dianggap sebagai olahraga rekreasi di masyarakat. Untuk saat ini yang sudah terdaftar resmi di bawah FORMI ada 11 cabang olahraga, yaitu Senam Tera Indonesia (STI), Klub Jantung Sehat, Persatuan Olahraga Pernafasan Indonesia (PORPI), Senam Sehat Indonesia, Senam Orhiba, Senam Adyti, Lin Tin Kung, Ikatan Langkah Dansa Indonesia (ILDI), IOSKI, pencak silat dan barongsai.

Sedangkan tiga olahraga lagi, yaitu olahraga tradisional, senam Nusantara dan klub bersepeda belum terdaftar secara resmi. “Festival FORMI se-Jakarta Selatan ini adalah kegiatan kami yang pertama. Ke depannya, festival seperti ini akan menjadi agenda tahunan kami,” ungkap pria pemilik sapaan akrab, Pak Dar ini.

Senam yang akrab dengan komunitas lansia, seperti Senam Tera, Senam Jantung, dan Senam Pernafasan, “Festival FORMI 2017” ini juga melibatkan banyak peserta dengan usia di atas 50 tahun atau lansia.

Kondisi itulah yang membuat merek popok dewasa Confidence terlibat langsung dengan pemberian 2.000 kaos berlogo FORMI dan Confidence yang menjadi seragam para peserta selama festival olahraga ini berlangsung.

Head of Marketing PT Softex Indonesia, selaku produsen Confidence, Nirma Sofiawati, menyatakan pihaknya peduli dengan kegiatan-kegiatan, khususnya yang menyasar pada komunitas lansia.

“Confidence akan selalu konsisten untuk peduli terhadap para usia senior di Indonesia. Kami banyak bekerja sama dengan para komunitas senior di Indonesia dan saat ini kami bekerja sama dengan FORMI dan lembaga pemerintah untuk menciptakan generasi Confidence yang sehat, aktif dan produktif,” ujar Nirma.

Kompetisi senam kreasi Confidence diikuti perwakilan dari 10 kecamatan di wilayah Jakarta Selatan. Hasilnya tim Kecamatan Kebayoran Baru sebagai juara 1, Kecamatan Mampang Prapatan (juara 2), dan Kecamatan Jagakarsa jadi yang ke-3. Sedangkan tim yang terpilih dengan kostum dan aksesori terbaik lagi-lagi diraih oleh Kecamatan Kebayoran Baru. [H-15]

 



Sumber : suarapembaruan