Setengah Masyarakat Indonesia Belum Hidup Bersih


...

Ilustrasi: Sejumlah siswa Sekolah Dasar mengikuti latihan yang bertujuan untuk mendidik anak usia dini untuk menyadari perilaku hidup bersih dimulai dari mencuci tangan.

Pemerintah menetapkan target di tahun 2014 setidaknya 70 persen masyarakat sudah berperilaku hidup bersih dan sehat.

Menurut Kepala Pusat Promosi Kesehatan di Kementerian Kesehatan, Lily Sulistyowati, kebiasaan masyarakat Indonesia untuk hidup bersih dan sehat masih jauh dari yang diharapkan.

"Baru sekitar 46 persen dari masyarakat kita yang menerapkan hidup sehat dan bersih," kata Lily Jumat.

Perilaku hidup yang tidak bersih dan tidak sehat itu menurut Lily bisa dtemukan di mana saja, tidak hanya di daerah rural yang jauh dari perkotaan.

"Hal sederhana seperti mencuci tangan sebelum makan saja misalnya, masih banyak sekali yang belum melakukan," tambah Lily.

Padahal menurut Lily, Kementerian Kesehatan telah menetapkan target di tahun 2014 setidaknya 70 persen masyarakat sudah berperilaku hidup bersih dan sehat.

Lily menekankan peran ibu dalam mendidik keluarganya tentang perilaku hidup bersih sangat vital. Sayangnya, masih banyak ibu yang tidak memiliki kapasitas untuk mendidik keluarganya karena mereka menikah terlalu muda.

"Kita masih sering temui ibu usia belasan tahun yang sudah punya dua atau tiga anak, kalau begini bagaimana kita mau mengandalkan si ibu untuk mengajari anak-anaknya?" keluh Lily.