Gubernur Kalbar Akan Ganti Kepala Dinas yang Tidak Memiliki Inovasi


...

[PONTIANAK] Gubernur Kalbar H Sutarmidji mengatakan, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau kepala dinas harus bekerja giat dan memiliki inovasi agar pembangunan di wilayah ini lebih baik dan maju.

“Ke depan untuk lebih memacu pembangunan di wilayah ini, pihaknya akan mengganti para kepala dinas yang kerjanya hanya “mentang-mentang” dan tidak memiliki inovasi,” ujar Gubernur Kalbar Sutarmidji, Selasa (12/3), saat membuka Diklatpim Tingkat IV di Aula BPSDM Kalbar.

Gubernur Sutarmidji mengatakan, selain kepala dinas, kepala seksi (Kasi) yang kerjanya merasa lebih berkuasa dari kepala bidang atau kepala bagian (Kabid/Kabag) dan tak ada inovasi juga akan diganti. Untuk itu pihaknya meminta kepada ASN agar melaksanakan tata kelola pemerintahan dengan baik.

Sutarmidji mengatakan, saat ini sudah memasuki era revolusi industri, di mana dalam era ini kompetisi dilakukan dengan cepat. Siapa yang tidak bisa melakukan percepatan serta terintegrasi dengan data, maka dia tidak akan mampu bersaing.

Untuk itu pihaknya mengharapkan kepada para calon pimpinan harus bisa melakukan inovasi-inovasi dalam melaksanakan tugas. Hendaknya aturan harus dipahami dan dijalankan sesuai dengan mekanisme, sehingga yang kita kerjakan tidak melanggar aturan.

Sutarmidji juga berharap dalam pelaksanaan tugas ada pejabat eselon II A yang berusia muda sekitar 35-40 tahun. Saat ini Pemprov Kalbar sedang melakukan lelang jabatan untuk jabatan eselon II yang terbuka untuk siapa saja bisa masuk dan mengikuti seleksi.

Dalam pelaksanaan lelang jabatan ini, pihaknya mengedapankan objektifitas dalam menentukan pilihan pejabat. “Jadi semua ASN tidak perlu khawatir, karier itu harus diperoleh dengan prestasi kerja dan bukan lagi dengan kedekatan pada atasan. Artinya karier seseorang bukan ditentukan oleh kedekatan dengan atasan tetapi harus dicapai dengan prestasi kerja atau keberhasilan demi keberhasilan. [SOS]



Sumber : suarapembaruan