Cadangan Devisa Turun, Ini Usulan Solusi dari DPR


...

Pelemahan Rupiah Menyebabkan Cadangan Devisa Menurun

Jakarta - Menurunnya cadangan devisa RI dalam beberapa waktu terakhir disebabkan oleh berbagai faktor. Pemerintah bisa mengambil sejumlah langkah demi menstabilkan situasi.

Menurut Wakil Ketua DPR, M.Sohibul Imam, seperti disampaikan Gubernur BI, memang cadangan devisa RI mengalami penurunan sampai di bawah 100 Miliar USD.

Penyebabnya, kebetulan dalam dua bulan terakhir, banyak faktor yang menyebabkan keperluan akan mata uang dollar semakin meningkat.

"Seperti investor asing yang mulai memindahkan investasinya, kebutuhan impor, kebutuhan pembayaran utang, dan lain-lain. Efeknya ke tekanan terhadap rupiah," kata Sohibul di Jakarta, Rabu (31/7).

Dia melanjutkan larinya investor dari Indonesia sulit dicegah karena memang ada hal yang lebih menarik di luar sana, terutama akibat penghentian kebijakan quantitative easing oleh The Fed Amerika Serikat.

Karena itu, dia mengusulkan sejumlah langkah yang bisa dilakukan Pemerintah untuk menstabilkan situasi.

"Yakni menggenjot ekspor; mengurangi impor non barang modal; menjadwal ulang pembayaran utang; memperbaiki iklim investasi agar investor tertarik untuk bertahan dan bahkan ada pendatang baru," jelasnya.



Sumber :