Sering "Blusukan", Jokowi Akui Dirinya "Pengangguran"


...

HIPPI Minta Jokowi Blusukan ke Pengusaha dan UKM

Jakarta - Banyaknya penilaian mengenai hobi blusukan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) ditanggapi dengan santai. Bahkan baru-baru ini salah satu staf Presiden RI berkomentar jika kegiatan blusukan yang dilakukan Jokowi hanyalah kegiatan yang biasa dilakukan oleh para pengangguran.

"Memang saya termasuk pengangguran juga itu," ujar Jokowi dengan nada bercanda di Balai Kota, Rabu (31/7).

Menurutnya, ada tahapan manajemen yang perlu dilakukan untuk menghasilkan sistem pemerintahan yang baik. Hal yang pertama kali dilakukan untuk itu adalah menguasai medan dan lapangan.

"Yang pertama dulu itu, dalam rangka mendengarkan keinginan masyarakat. Melihat problem dan persoalan lapangan," katanya.

Diterangkan Jokowi, jika lapangan sudah dikuasai maka apabila selesai akan menjadi kebijakan. Contohnya seperti munculnya Kartu Jakarta Sehat (KJS) dan Kartu Jakarta Pintar (KJP).

"Seperti (rusun) Marunda, dulu kan bagaimana ketemunya? Waduk Pluit, Tanah Tinggi bagaimana kalau tidak melihat ke lapangan," ujarnya.

Selanjutnya, proses manajemen lain seperti manajemen controlling dengan mendatangi kantor-kantor kelurahan dan kecamatan. "Kalau ada proyek itu, cek kualitasnya. Kalau tidak begitu bagaimana kita bisa mengerti," tandasnya.



Sumber : Suara Pembaruan