Masalah Pemilukada DKI, Opera Van Java Tidak Dibatalkan


...

Andre (tengah) bersama Parto dan Sule, dalam salah satu penampilan OVJ.

Penyelenggaranya pihak swasta.

Warga Jakarta boleh bernapas lega, karena dari sembilan kegiatan dalam Program Senyum Jakarta, ternyata masih ada dua kegiatan yang tidak jadi dibatalkan pelaksanaannya yaitu hiburan Opera Van Java (OVJ) yang disiarkan langsung di Monas, Jakarta Pusat pada tanggal 23 Juni 2012 dan masuk Ancol gratis pada tanggal 22 Juni 2012.

Ketua Panitia HUT ke-485 Kota Jakarta yang juga menjabat Asisten Sekretaris Daerah DKI bidang Perekonomian Hasan Basri Saleh mengatakan hiburan OVJ diputuskan tetap dilaksanakan karena penyelenggarannya adalah pihak swasta.

“Penyelenggaranya bukan Pemprov DKI, melainkan swasta. Jadi tetap dilaksanakan, warga Jakarta silakan datang pada tanggal 23 Juni untuk melihat langsung aksi dari OVJ,” kata Hasan Basri di Balaikota DKI, Jakarta, hari ini.

Anggota Panitia HUT Kota Jakarta lainnya, Nuruning, membenarkan hanya OVJ live dan masuk Ancol gratis yang tetap dilaksanakan. Sedangkan tujuh kegiatan lainnya seperti layanan akte kelahiran gratis, naik busway gratis, masuk Taman Margasatwa Ragunan gratis dan layanan gratis lainnya pelaksanaannya dibatalkan.

“Hanya dua kegiatan yang boleh dilaksanakan. Sedangkan tujuh lainnya dibatalkan karena menyangkut masalah pemilukada DKI,” kata Nuruning.

Keputusan masuk Ancol gratis tetap dilaksanakan, ungkapnya, dikarenakan kegiatan tersebut sudah menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan setiap perayaan HUT DKI Jakarta. Pada tanggal 22 Juni, HUT DKI Jakarta, setiap tahunnya pihak Ancol memberikan kesempatan warga Jakarta masuk Taman Impian Jaya Ancol gratis.

Sementara, untuk pelaksanaan OVJ live di Monas dikarenakan pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan ide dari stasiun televisi swasta, Trans7. Dengan tema yang diambil adalah OVJ Spesial HUT Kota Jakarta. Sehingga kalau ditunda pelaksanaannya, maka momennya sudah tidak cocok lagi dengan tema yang telah ditetapkan.

Adapun Program Senyum Jakarta selama 1 minggu per tgl 18-24 juni 2012, memberikan layanan gratis tempat wisata dan layanan masyarakat. Antara lain, tanggal 18 juni 2012 memberikan layanan Akte gratis bagi bayi yang lahir pada tanggal tersebut. Tanggal 19 juni 2012 menggelar layanan periksa Gula Darah gratis di 7 RSUD dan cabut gigi gratis di 44 puskesmas.

Kemudian, 20 juni 2012, masuk Kolam Renang gratis di seluruh gelanggang remaja di Jakarta. Pada tanggal 21 Juni 2012, masuk badan Monas gratis. Lalu tanggal 22 Juni 2012, gratis pintu masuk Ancol dan hiburan musik. Tanggal 23 juni 2012 digelar hiburan OVJ Live di Monas. Selanjutnya, tanggal 24 Juni 2012, gratis masuk Taman Margasatwa Ragunan dan naik Busway gratis sehari.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) DKI Jakarta, Ramdansyah, mengatakan tidak mempermasalahkan jika kegiatan OVJ live tetap dilaksanakan. Dia hanya berharap, pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan pengamanan ketat, sehingga tidak timbul hal-hal negatif yang bisa mengganggu pelaksanaan masa kampanye pada esok harinya, 24 Juni 2002.