Sungai Ciujung Normal, Banjir Susulan Dipastikan Tak Terjadi


...

Banjir di Sungai Ciujung.

"Kami menjamin saat ini tidak akan terjadi banjir karena permukaan Sungai Ciujung normal."

Permukaan air Sungai Ciujung di Kabupaten Lebak, Banten, relatif normal dan aman sehingga tidak menimbulkan banjir susulan.

"Kami menjamin saat ini tidak akan terjadi banjir karena permukaan Sungai Ciujung normal," kata Petugas Pendataan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Setiawan di Rangkasbitung, Minggu (13/1).

Ia mengatakan, berdasarkan laporan petugas Bendungan Pamarayan ketinggian permukaan Sungai Ciujung mencapai 2,87 meter dan debit air 407 M3 per detik.

Ketinggian air permukaan tersebut tentu dinyatakan normal dan aman.

Selama dua hari terakhir ini luapan Sungai Ciujung turun dan permukiman warga yang terkena banjir sudah kembali ke rumah masing-masing.

Bahkan, curah hujan mulai berkurang dibandingkan lima hari lalu.

"Saya kira debit air permukaan Sungai Ciujung terus mengalami penurunan," katanya.

Menurut dia saat ini luapan Sungai Ciujung yang berada di Rangkasbitung mulai turun, sehingga warga yang tinggal di bantaran sungai kembali memanfaatkan air sungai untuk keperluan mandi, cuci dan kakus (MCK).

Saat ini, warga yang menggunakan air Sungai Ciujung mencapai ribuan orang.

"Kami berharap curah hujan terus turun sehingga debit permukaan Sungai Ciujung normal," ujarnya.

Berdasarkan pantauan, sejumlah permukiman warga yang dilanda banjir di Rangkasbitung sudah kembali ke rumah masing-masing sebab debit air Sungai Ciujung terus turun.

"Kami sudah tiga hari kembali mengisi rumah setelah banjir setinggi 1,5 surut," kata Apip, warga Salahur Kelurahan Cijoro Pasir Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak.



Sumber :