Malam Ini, Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno Akan Berdebat Selama 120 Menit


...

[JAKARTA] Komisi Pemilihan Umum (KPU), menggelar debat antara Calon Presiden Nomor Urut 01 KH Ma'ruf Amin dan Calon Presiden Nomor Urut 02 Sandiaga Uno pada Minggu (17/3) malam di Golden Ballroom, Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat.

Debat ini akan berlangsung dalam durasi waktu 120 menit, dimulai pukul 20.00 WIB dengan membahas empat tema yakni pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan dan sosial-budaya.

Debat cawapres ini akan dipandu dua moderator yakni jurnalis televisi, Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas. Siaran langsung debat cawapres bisa disaksikan di Trans TV, Trans 7 dan CNN Indonesia TV serta link streaming dari sejumlah portal media nasional.

Seperti debat sebelumnya, debat cawapres ini akan dibagi dalam 6 segmen. Pada segmen pertama, kedua cawapres akan memaparkan visi, misi dan program masing-masing berdasarkan empat tema di atas. Segmen pertama ini rencananya berlangsung selama sekitar 20 menit.

Pada segmen kedua, kedua kandidat cawapres akan menjawab pertanyaan dari panelis. Pada segmen ini, masing-masing kandidat akan menjawab pertanyaan yang sama. Pertanyaan debat telah disusun oleh 9 moderator.

Selain itu, akan ada kesempatan kepada kedua cawapres untuk memberikan tanggapan atas jawaban mereka. Segmen kedua rencananya berlangsung sekitar 22 menit.

Selanjutnya, pada segmen ketiga, tetap akan ada pertanyaan dari panelis untuk kedua kandidat cawapres dengan disertai kesempatan untuk saling menanggapi jawaban. Pada segmen ini pertanyaan menyasar teman sosial budaya dan ketenagakerjaan. Segmen ketiga rencananya berlangsung sekitar 19 menit.

Kemudian, pada segmen empat dan segmen lima moderator akan mempersilakan kedua kandidat saling berdebat secara bebas. Durasi untuk dua segmen ini masing-masing sekitar 18 menit.

Segmen ketiga dan keempat tidak menggunakan pertanyaan panelis. Hanya saja, masing-masing kandidat cawapres akan diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan sebagai pemantik debat bebas.

Terakhir, pada segmen enam, kedua kandidat cawapres diberikan kesempatan untuk menyampaikan pernyataan penutup secara bergantian.

Kesembilan panelis yang menyusun pertanyaan debat adalah Rektor Universitas Hasanuddin Dwia Aries Tina Pulubuhu, Pegiat Budaya yang merupakan mantan Rektor Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak Chairil Effendy MS, Rektor Universitas Syiah Kuala Aceh Samsul Rizal, Rektor UIN Sunan Kalijaga KH. Yudian Wahyudi, Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara Subhilhar, Budayawan Radhar Panca Dahana, Direktur Eksekutif Migran Care, Anis Hidayah, Ketua Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia David S Perdanakusuma dan Rektor Universitas Diponegoro Yos Johan Utama. [YUS]

 



Sumber : suarapembaruan