Maskapai Lion Air Segera Layani Raha-Makassar


...

Ilustarsi Pesawat Lion Air (google)

[RAHA] Maskapai Lion Air segera melayani rute penerbangan Raha, Kabupaten Muna, Sulawesi Tengara-Makassar, Sulawesi Selatan (Raha-Makassar).

"Bupati Muna bersama pihak managemen Lion Air sudah menandatangani nota kesepahaman kerja sama di Jakrta, untuk melayani penerbangan Raha-Makassar," kata Kepala Dinas Perhubungan dan Komunikasi (Diskominfo) Kabupaten Muna Edwar Effendy di Raha, Sabtu (9/8).

Dia menjelaskan dalam nota kesepahaman tersebut, Pemerintah Kabupaten Muna menyedikan subsidi kepada pihak Lion Air sesuai dengan jumlah kursi pada setiap kali penerbangan yang tidak terjual.

Artinya, kata Edwar, jika kursi yang tersedia sebanyak 70 tapi yang terjual hanya 40 atau 50 kursi, maka sisa kursi yang tidak terjual akan disubsidi oleh Pemerintah Kabupaten Muna.

"Perjanjian yang disepakti kedua pihak seperti itu, Pemerintah Kabupaten Muna akan menutupi atau membayar harga tiket atau kursi yang tidak terisi," katanya.

Dalam melayani penerbangan Raha-Makassar, pihak Lion Air akan mengoperasikan pesawat Wing Air berkapasitas 70 kursi dengan jadwal penerbangan tiga kali seminggu.

"Bandara Sugimanuru yang menjadi landasan pacu pesawat saat ini sudah siap didarati,"katanya.

Ia mengatakan pihak Lion Air sudah mengecek langsung kondisi kelayakan bandara tersebut.

Ia mengatakan Bandara Sugimanuru memiliki panjang landasan pacu 1.400 meter dan lebar bandara 45 meter.

Untuk memulai pengoperasian bandara tersebut, katanya, tinggal menunggu persetujuan dari Menteri Perhubungan, sedangkan permohonannya sudah diajukan. [Ant/L-8]



Sumber : suarapembaruan