Kabupaten Tambrauw Jadi 11 Distrik


...

Mendagri Gamawan Fauzi saat berada di DPR untuk mengikuti rapat pembahasan RUUK DIY, beberapa waktu lalu.

Di Kabupaten Tambrauw, Papua Barat, banyak distrik yang terpisah-pisah dan tidak menjadi satu kesatuan sehingga menyulitkan para pekerja melakukan aktivitas.



Jakarta – Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan pemerintah akan lebih fokus dalam pembangunan perekonomian di kawasan Indonesia Timur terutama di provinsi Papua dan Papua Barat. Dia menilai Papua dan Papua Barat merupakan aset negara yang mesti dikembangkan.

“ Hal tersebut sudah tercantum juga dalam Masterplan Percepatan Perluasan dan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), pemerataan pembangunan harus segera direalisasikan terutama di kawasan Indonesia bagian Timur,” ujar dia saat ditemui dalam acara “ Rapat Kerja Komisi II DPR Tentang Pembentukan Kabupaten Tambrauw Papua Barat” di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (14/2).

Dia menjelaskan pemerintah akan terus membereskan segala bentuk hambatan yang terjadi di kawasan Papua dan Papua Barat termasuk soal cakupan batas wilayah. Dia mengatakan selama ini yang terjadi di Kabupaten Tambrauw, Papua Barat, banyak distrik yang terpisah-pisah dan tidak menjadi satu kesatuan sehingga menyulitkan para pekerja melakukan aktivitas.

Dia mengatakan fakta yang terjadi ada 4 distrik yang masuk dalam Kabupaten Monokwari yaitu Distrik Ambarbaken, Distrik Kebar, Distrik Senopi dan Distrik Murbani, dan 1 Distrik di Kabupaten Sorong yaitu Distrik Moraid. Menurut dia, ke 5 distrik tersebut adalah batas wilayah yang secara hukum masuk ke dalam Kabupaten Tambrauw. Tetapi karena belum ada payung hukum yang kuat maka distrik tersebut terpisah-pisah di beberapa kabupaten.

Dia mengatakan Mahkamah Konstitusi telah memberikan putusan untuk melakukan perubahan terhadap Undang Undang Nomor 56 Tahun 2008 mengenai cakupan wilayah di kabupaten Tambrauw. Dia mengatakan setelah Undang Undang tersebut diubah maka Kabupaten Tambrauw akan menjadi 11 Distrik yaitu Distrik Fef, Distrik Miyah, Distrik Yembun, Distrik Kwoor, Distrik Saosapor, Distrik Abun, Distrik Ambarbaken, Distrik Kebar, Distrik Senopi, Distrik Murbani dan Distrik Moraid.

“ Mudah mudahan dengan semakin meluasnya wilayah di Kabupaten Tambrauw, perekonomian disana juga semakin meningkat,” ujar dia.



Sumber : Investor Daily