OTT KPK Bupati Mesuji Dibawa ke Jakarta Siang Ini


...

Febri Diansyah [beritasatu]

[JAKARTA] Tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan membawa Bupati Mesuji, Khamami ke Gedung KPK Jakarta pada Kamis (24/1) siang ini. Diketahui, Khamami bersama sejumlah pihak lain ditangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Lampung pada Rabu (23/1) kemarin.

"Bupati dan tiga org lainnya siang ini akan dibawa," kata Jubir KPK, Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (24/1).

Febri menjelaskan, secara total terdapat 11 orang yang dibekuk tim Satgas KPK dalam OTT kemarin. Tujuh orang lainnya telah dibawa dan tiba di Gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan intensif.

"Sampai pagi ini diamankan 11 orang. Tujuh orang telah datang pagi ini, empat orang lainnya dibawa siang untuk pemeriksaan lebih lanjut," jelasnya.

‎Selain Khamami, 10 orang lainnya yang turut dibekuk terdiri dari unsur PNS dan pihak swasta. Tak hanya mengamankan 11 orang, tim juga menyita sebuah kardus berisi uang dengan pecahan Rp 100 ribu yang berdasar perhitungan sementara berjumlah Rp 1,2 miliar. Uang tersebut diduga barang bukti transaksi suap terkait proyek pengadaan barang dan jasa Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Proyek kabupaten yang diduga menggunakan anggaran pemerintah kabupaten Mesuji. Tentu nanti digali lebih lanjut. Anggaran itu digunakan untuk proyek apa saja. Kami menduga ada beberapa proyek karena komitmen fee-nya terbilang tinggi. Cukup besar kali ini," kata Febri.

KPK mempunyai waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum Bupati Mesuji dan 10 orang lainnya yang ditangkap lainnya. Informasi yang lebih rinci mengenai OTT ini akan dibeberkan KPK dalam konferensi pers yang rencananya digelar hari ini. [F-5]



Sumber : suarapembaruan