Pelecehan Seksual, Pastor di Cile Dihukum 10 Tahun Penjara


...

Lapangan Santo Petrus, Vatikan

[SANTIAGO] Seorang pastor di Cile dihukum 10 tahun penjara karena terbukti bersalah melakukan pelecehan seksual, sementara seorang imam lainnya ditahan karena tuduhan serupa.

Ricardo Munoz dihukum 10 tahun penjara oleh pengadilan di Melipilla yang terletak 60 kilometer sebelah barat ibukota Cile, Santiago. Bukti-bukti di pengadilan menunjukkan bahwa Munoz, seorang pastor paroki setempat, melakukan kekerasan seksual terhadap empat anak berusia 16 dan 17 tahun dan membayar mereka dengan uang.

Sementara Audin Araya diduga melakukan kekerasan seksual terhadap tiga anak di sebuah sekolah Katolik di Kota Concepcion yang terletak 500 kilometer sebelah selatan Santiago.

Pengadilan Concepcion meminta Araya ditahan pada Jumat (13/5) setelah mendengar tuntutan kekerasan seksual terhadap anak-anak berumur 15 dan 17 tahun yang diduga terjadi pada 2008 ketika Araya menjadi rektor sekolah Katolik tersebut. Jaksa Carlos Palma mengatakan Araya akan menjalani tes psikiatrik.

Meskipun hakim Marcelo Torres mengatakan, tuntutan jaksa belum jelas dan bertentangan satu sama lain.

Sementara itu, dua tokoh berpengaruh di Cile yaitu Romo Fernando Kardina, salah seorang imam paling berpengaruh di Cile dan Suster Paula (Isabel Margarita Lagos), mantan superior Suster-suster Ursulin, sedang diinvestigasi atas dugaan pelecehan seksual.

Karadina yang kini berusia 80 tahun diduga melakukan pelecehan seksual selama lebih dari 20 tahun ketika dia bertugas di sebuah paroki di Santiago. Vatikan awal tahun ini menyatakannya bersalah karena melakukan kekerasan seksual terhadap anak-anak dan menghukumnya untuk doa dan penitensi seumur hidup. Tetapi Cile membuka kembali kasus ini. [AFP/A-21]



Sumber : suarapembaruan