ck Mamnoon Hussain Terpilih Menjadi Presiden Baru Pakistan

Mamnoon Hussain Terpilih Menjadi Presiden Baru Pakistan


...

Presiden Pakistan Mamnoon Hussain

Islamabad - Mamnoon Hussain, politikus senior Partai Liga Muslim Pakistan, terpilih menjadi presiden Pakistan setelah memenangkan mayoritas suara parlemen, Selasa (30/7). Hussain akan menggantikan presiden Pakistan Asif Ali Zardari, yang akan menyelesaikan masa jabatan lima tahun pada September nanti.

Sang presiden baru harus menghadapi masalah keamanan negara yang mendera Pakistan hingga saat ini. Pemilihan presiden terjadi di tengah tantangan kekerasan yang terus terjadi di Pakistan. Beberapa jam sebelum pemilihan presiden, Taliban menyerang penjara pusat Dera Ismail Khan dan berhasil membebaskan ratusan tahanan.

Senin (29/7) malam, gerilyawan Taliban bersenjata menyamar mengenakan seragam militer dan polisi membobol penjara kota Dera Ismail Khan dengan bom bunuh diri, mortir dan senjata api menyebabkan tahanan penjara melarikan diri dan 14 orang tewas.

Dera Ismail Khan terletak di provinsi Khyber Pakhtunkhwa dekat dengan provinsi suku tanpa hukum yang berbatasan dengan Afghanistan. Aparat keamanan dan para gerilyawan sempat terlibat baku-tembak selama tiga jam, sebelum akhirnya para militan melarikan diri.

Serangan itu menyoroti salah satu tantangan utama yang akan dihadapi Mamnoon Hussain saat dia mengambil posisi sebagai kepala negara. Pasukan keamanan tampaknya sama sekali tidak siap untuk serangan, meski pejabat penjara senior telah menerima informasi intelijen menunjukkan bahwa serangan itu mungkin terjadi.

Sumber : AP/AFP