Sukhoi dan F-16 Mengudara di Istana Merdeka


...

Ilustrasi pesawat F-16 [google]

[JAKARTA] Pesawat Sukhoi dan F-16 latihan terbang melintas di atas Istana Merdeka pada gladi pertama, Selasa (14/8) dan Rabu (15/8). Latihan Fly-pass ini dalam rangka upacara peringatan HUT RI ke-67  yang rencananya akan dipimpin oleh Kepala Negara Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Komandan Skadron Udara 3 “Dragon F-16” Letkol Pnb Ali Sudibyo memimpin formasi “Double V” Garuda Elemen 1 yang terdiri dari lima pesawat F-16, sedangkan Komandan Skadron Udara 11 “Thunder Sukhoi” Letkol Pnb M. Untung Suropati memimpin formasi Garuda Elemen 2. Garuda Flight merupakan call-sign yang digunakan, terbang melintas dengan ketinggian 1500 feet dengan kecepatan 420 knots.

Sukhoi mengangkasa pukul 09.58 WIB diikuti F-16 pukul 10.00 WIB. Namun sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan kesehatan bagi awak pesawat atau Pre Flight Check (PFC). Menurut Komandan Lanud Halim Perdanakusuma, Marsma TNI A. Adang Supriyadi kegiatan ini merupakan sebentuk kehormatan dan penghargaan Pimpinan Negara kepada TNI AU.

Sebab, ini kali kedua, pesawat-pesawat kebanggaan milik bangsa Indonesia, mengisi perayaan HUT Kemerdekaan, yakni tahun 2011 dan 2012. Rencananya akan dilakukan gladi kedua pada esok hari, Rabu (15/8).

Turut pula mendukung keberhasilan aktivitas ini adalah pesawat NAS 332 Super-Puma sebagai kesiapan SAR. Ini sudah merupakan standar operasional. Pesawat ini siap untuk mendukung pergerakan pesawat tempur seandainya terjadi emergency-eject.

“Kemana pesawat tempur pergi pasti ada heli stand-by selaku penanggungjawab pertolongan saat darurat,” imbuhnya Kapten Pnb Guruh Mahardika pemimpin NAS 332 Super-Puma. [PR/O-2]



Sumber : suarapembaruan