Pengunjung Disarankan Hindari Kontak dengan Ubur-ubur


...

Ubur-ubur kini banyak ditemukan di perairan Pantai Ancol, Jakarta Utara, Selasa (8/10/2019).

Jakarta, Beritasatu.com - Fenomena siklus munculnya ubur-ubur di pantai kawasan wisata terpadu pesisir Ancol Taman Impian, Jakarta Utara menjadi salah satu obyek penelitian Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Peneliti Plankton Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, Arief Rachman menyebutkan, fenomena ubur-ubur di Ancol Taman Impian menjadi obyek penelitian yang menarik karena memiliki siklus serupa pada tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga: Ubur-ubur dan Kerang Hijau Jadi Pusat Perhatian di Ancol

"Kalau dari fenomena tahun lalu sebenarnya siklusnya sama. Tahun kemarin juga kan di bulan Oktober. Bila tahun depan terjadi kembali maka bisa disebut booming ubur-ubur ini merupakan bagian dari ekosistem pesisir Ancol," ujar Arief, di Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Arief menyebutkan, dari pengamatan Oseanografi LIPI beberapa waktu terakhir, pihaknya melihat ada kencenderungan ubur-ubur di pesisir Ancol Jakarta baru muncul di saat jelang pengunjung musim kemarau dan hendak memasuki musim penghujan.

"Habitat ubur-ubur itu tergantung jenisnya. Habitat alami mereka ada di tropis dan subtropis, mereka biasanya berkembang biak di kawasan mangrove atau air tawar, untuk tumbuh besar mereka di tengah laut. Kemungkinan mereka mendapatkan habitat baru di Ancol ini," tutur Arief.

Baca Juga: Restorasi Kerang Hijau Perbaiki Kualitas Air di Teluk Jakarta

Namun, Arief menegaskan, pada prinsipnya ubur-ubur berbahaya bagi manusia yang alergi baik disentuh maupun berenang atau bermain air di perairan yang terdapat ubur-ubur.

"Bagi yang alergi reaksinya lebih kuat tidak hanya sekedar gatal-gatal saja. Penanganannya tidak bisa hanya diberikan cuka saja namun harus di bawa ke dokter," tambahnya.

Arief mengatakan, ubur-ubur memiliki masa hidup 2 minggu hingga 12 minggu tergantung spesies dan ukuran fisiknya. Biota laut yang dapat bertelur dalam jumlah ribuan ini melakukan pembuahan secara eksternal.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi Departement Head Corporate Communications PT Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari menyebutkan, belum ada dampak signifikan dari kemunculan ubur-ubur terhadap jumlah pengunjung yang hendak berlibur di kawasan wisata terpadu pesisir Ancol Taman Impian.

"Aman Mas. Pantai Ancol tetap kondusif dan nyaman untuk dikunjungi dan berwisata," kata Rika Lestari singkat.



Sumber : Suara Pembaruan