Agus Rahardjo Ungkap Sempat Cegah UAS Ceramah di KPK


...

Dai Ustad Abdul Somad.

 

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo mengatakan kehadiran Ustad Abdul Somad untuk mengisi ceramah di Gedung KPK pada Selasa (19/11/2019) kemarin bukan atas undangan resmi KPK secara kelembagaan. Agus bahkan menyebut pimpinan KPK sempat mencegah kehadiran Ustad yang akrab disapa UAS tersebut.

"Kalau Ustad Somad sama sekali bukan lembaga. Jadi ada beberapa staf yang pada waktu itu kajian Zuhur undang Ustad Somad. Bahkan sebelumnya malamnya diberitahu, sebetulnya pimpinan sudah mencegah," kata Agus di Gedung MK, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Agus menyatakan pencegahan dimaksud bukan terkait kapasitas ilmu UAS, melainkan lantaran adanya kontroversi yang menyertai UAS beberapa waktu lalu. Agus beralasan hal ini untuk menjaga KPK tak dinilai berafiliasi dengan kelompok tertentu.

"Bukan mencegah kapasitas UAS, tapi kan di beberapa waktu lalu pernah ada kontroversi ya mengenai beliau. Kami mengharap kalau yang khotbah di KPK itu orang yang inklusif orang yang tidak berpihak pada aliran tertentu. Harapan kita semuanya begitu," kata Agus.

Agus mengakui malam harinya, sebelum UAS ceramah di KPK, pimpinan sudah diberitahukan. Karena itu pimpinan KPK, tekan Agus, sempat meminta agar tak mengundang UAS.

"Malamnya kita diberitahu ada UAS mau kajian Zuhur. Kita sudah jangan, jangan diundang," kata Agus.

Di sisi lain, KPK mengundang KH Ahmad Muwafiq atau Gus Muwafiq untuk mengisi ceramah dalam kegiatan Silaturahmi Kebangsaan dan Doa Bersama untuk Negeri di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Rabu (20/11/2019). Berbeda dengan UAS, Agus mengatakan kehadiran Gus Muwafiq atas undangan pimpinan KPK.

"Kalau yang hari ini itu memang sudah direncanakan pimpinan sejak lama. Jadi beda ya, yang kemarin ada beberapa orang yang mengundang kajian Zuhur, lalu sebetulnya tak disetujui pimpinan. Kalau yang hari ini memang programnya pimpinan," katanya. 



Sumber : Suara Pembaruan